Mohon tunggu...
whyukurn
whyukurn Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi di masa depan, Tetapi kita bisa buat masa depan itu terjadi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mewujudkan Pendidikan Indonesia yang Merata dan Berkualitas di Era Digital

22 November 2024   20:12 Diperbarui: 22 November 2024   20:39 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Abstrak

Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun sumber daya manusia yang unggul. Dalam pemerintahan saat ini, berbagai kebijakan telah diterapkan untuk mengatasi tantangan pendidikan, seperti kesenjangan akses, kualitas pengajaran, dan kesiapan menghadapi era digital. Artikel ini membahas evaluasi kebijakan pendidikan yang sedang berjalan, tantangan yang dihadapi, serta proyeksi dan rekomendasi strategis untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan inovatif di masa depan.

Pendahuluan

Pendidikan di Indonesia selalu menjadi isu strategis yang membutuhkan perhatian khusus. Perubahan zaman yang pesat dan tantangan globalisasi memaksa sistem pendidikan untuk terus berkembang. Pemerintah saat ini telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk memperbaiki kualitas dan pemerataan pendidikan, namun hasilnya belum sepenuhnya memuaskan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas kebijakan pendidikan terkini, tantangan yang dihadapi, serta harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Pembahasan

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kebijakan yang relevan dengan tantangan zaman. Dalam beberapa tahun terakhir, program-program unggulan seperti digitalisasi pendidikan, penerapan Kurikulum Merdeka, dan peningkatan kualitas tenaga pengajar menjadi fokus utama. Namun, berbagai hambatan masih menghadang, mulai dari ketimpangan akses pendidikan hingga minimnya kesiapan infrastruktur di berbagai wilayah. Untuk memahami lebih dalam, mari kita telaah setiap aspek ini.

Digitalisasi pendidikan menjadi salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah, terutama sejak pandemi COVID-19 mengubah pola belajar-mengajar menjadi berbasis daring. Berbagai platform seperti Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar dirancang untuk mendukung pembelajaran digital yang lebih inklusif. Meski demikian, tantangan besar masih dihadapi, terutama di wilayah terpencil yang memiliki keterbatasan akses internet dan perangkat teknologi. Meskipun telah ada bantuan seperti subsidi kuota internet dan program pengadaan laptop untuk siswa dan guru, efektivitasnya belum maksimal karena keterbatasan infrastruktur teknologi, seperti sinyal yang lemah atau tidak ada sama sekali di daerah tertentu.

Kurikulum Merdeka juga menjadi salah satu inovasi signifikan dalam pendidikan Indonesia. Dengan konsep yang lebih fleksibel, kurikulum ini bertujuan untuk membangun kompetensi siswa secara menyeluruh dan menanamkan nilai-nilai Pelajar Pancasila, seperti gotong royong, kreativitas, dan kemandirian. Kurikulum ini memberikan otonomi lebih besar kepada guru dan sekolah dalam menyusun pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi kendala besar berupa ketimpangan kualitas pengajaran di berbagai daerah. Banyak guru yang belum sepenuhnya memahami dan menguasai metode pengajaran berbasis kompetensi, sehingga pelatihan berkelanjutan menjadi kebutuhan mendesak.

Di sisi lain, kualitas tenaga pengajar juga menjadi sorotan utama. Pemerintah berusaha meningkatkan kapasitas guru melalui program sertifikasi dan pelatihan berbasis teknologi. Namun, pelatihan ini sering kali belum merata dan tidak terintegrasi dengan baik, sehingga banyak guru yang merasa tidak siap untuk menghadapi tantangan era digital dan tuntutan Kurikulum Merdeka. Selain itu, beban administratif yang berat sering kali mengurangi waktu guru untuk fokus pada pengajaran, yang akhirnya berdampak pada kualitas pendidikan siswa.

Kesenjangan pendidikan masih menjadi masalah mendasar yang perlu segera diatasi. Di wilayah terpencil, akses terhadap fasilitas pendidikan yang memadai sering kali terbatas. Banyak sekolah yang kekurangan ruang kelas, buku pelajaran, bahkan tenaga pengajar yang berkualitas. Ketimpangan ini menciptakan kesenjangan yang signifikan antara siswa di perkotaan dan pedesaan. Selain itu, tingkat literasi dan numerasi di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, sebagaimana terlihat dari hasil survei internasional seperti PISA (Programme for International Student Assessment). Hal ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam pendekatan pengajaran dasar, khususnya di tingkat pendidikan dasar.

Menghadapi era globalisasi dan revolusi industri 4.0, sistem pendidikan Indonesia harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan masa depan. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat pendidikan berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang saat ini masih kurang mendapat perhatian serius. Selain itu, kerja sama dengan dunia industri dan perguruan tinggi juga perlu ditingkatkan untuk menciptakan program vokasi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Program magang industri atau proyek berbasis dunia kerja dapat memberikan pengalaman nyata bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun