Tugas Koneksi Antar Materi
MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN
BERDASARKAN NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN
Dalam Tugas ini terdapat beberapa pertanyaan yang akan saya coba membahasnya satu per satu.
1. Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?
Pratap Triloka oleh Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan semboyan” ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, Tut wuri Handayani” yang artinya di depan memberi teladan, di tengah membangun motivasi/dorongan, di belakang memberi dukungan.Seorang pendidik harus bisa ngemong, menuntun anak didiknya agar dapat hidup sesuai kodratnya yaitu kodrat alam dan kodrat zaman.
Seorang pendidik juga harus bisa menuntun muridnya agar dia bisa hidup selamat dan bahagia. Untuk memperoleh hal tersebut, dalam proses pembelajaran lingkungan belajar yang aman, nyaman dan berpihak pada murid sangatlah penting.
Dalam hal tersebut, maka guru harus mampu mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai Kebajikan dan berpihak pada murid serta bijaksana. Sebagai pemimpin pembelajaran sudah sepatutnya guru menerapkan pengambilan keputusan yang berpihak pada murid, dengan menerapkan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip penyelesaian dilema, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
2. Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?
Nilai-nilai Kebajikan yang tertanam kuat dalam diri kita akan menjadi sebuah kepribadian. Nilai-nilai tersebut akan menjadi landasan/pegangan kita dalam mengambil sebuah keputusan. Kita akan selalu berpikir apakah keputusan yang kita ambil sesuai dengan nilai-nilai Kebajikan yang kita pegang tersebut.