Mohon tunggu...
WAHYU DWI PRASETYANINGRUM
WAHYU DWI PRASETYANINGRUM Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobby saya menulis sastra yang dari kecil saya lakukan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1

25 Maret 2023   06:06 Diperbarui: 25 Maret 2023   06:48 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 2.1

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Pada Modul 2.1 membahas tentang materi Pembelajaran Berdiferensiasi. Kegiatan belajar ini  menggunakan LMS dengan alur Merdeka. Untuk modul 2.1 materi diawali dengan pre test, Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi 1, Ruang Kolaborasi 2, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar materi dan diakhiri dengan Aksi Nyata.

Mengawali kegiatan di Modul 2.1 dengan mengerjakan pre test pada tanggal 8 Februari 2023, sebanyak 30 soal pilihan ganda. Dari soal pre test tersebut berisi soal-soal yang berisi materi Pembelajaran Berdiferensiasi, yang akan dipelajari pada Modul 2.1. Kemudian dilanjutkan dengan Mulai dari Diri, yang berisi tentang ajakan diri saya untuk memahami dan membayangkan kelas yang saya ampu dengan segala keragamannya, serta meberikan gambaran saya untuk bisa memahami murid dengan kebutuhan masing-masing. Memberikan gambaran perencanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid dikelas saya, yang diawali dengan  test diagnostic yang akan memberikan gambaran guru tentang keadaan murid dikelas. Bagaimana saya harus mengelola kelas dengan kemampuan murid yang beragam dan membuat proses belajar lebih mudah dipahami oleh seluruh murid. Pengelolaan kelas saya juga diberi gambaran sehingga saya lebih paham tentang gambaran pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Kegiatan yang saya laksanakan setelah Mulai dari Diri adalah Eksplorasi Konsep, di bagian ini saya belajar bagaimana dan apa maksud dari Pembelajaran Berdiferensiasi yang benar. Saya merasa selama ini di dalam diri saya masih sering terjadi miskonsepsi tentang Pembelajaran Berdiferensiasi yang harus saya terapkan dikelas. Pemahaman konsep Pembelajaran berdiferensiasi yang saya pelajari ini adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar murid yang melihat kesiapan murid, minat dan profil belajar setiap murid. Kegiatan dilanjutkan dengan ruang Kolaborasi 1, saya bersama teman-teman CGP yang lain berdiskusi dan bertukar pendapat mengenai penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk dengan menganalisis video ke 2 yang disajikan penerapan pembelajaran Berdiferensiasi di tingkat SD yang ada di LMS.

Pada hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 kami semua CGP Angkatan 7 Kabupaten Wonosobo melaksanakan agenda bulanan untuk Lokakarya. Yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosobo, di Lokakarya tersebut kami jadikan ajang silaturahmi bertemu secara nyata (luring/tatap muka) dan sebagai bahan penguatan pembelajaran Modul sebelumnya oleh para pengajar praktik kami.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun