Di era sekarang, segala sesuatu dipermudah. Masyarakat tidak dibikin pusing oleh segala macam urusan. Begitu pula dalam hal berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak toko yang bersaing memberikan layanan terbaiknya.
Dalam perkembangannya, ketika semakin banyak toko seperti minimarket, maka keberadaannya menggeser toko kelontong di sekitar rumah. Kesan toko kelontong yang tidak nyaman, kurang rapi, dan gelap, menjadikan orang lebih tertarik berbelanja di minimarket.
Apa itu SRC?
Pada hari Minggu, 24 November 2019 bertempat di Stadion Diponegoro Semarang, diselenggarakan Festival SRC Indonesia yang baru pertama kalinya digelar di kota lumpia ini. Bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.
Acara diawali dengan jalan santai yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Tiket masuk mengikuti jalan santai dengan menukarkan botol air mineral. Artinya bahwa acara festival ini peduli lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan botol plastik yang sudah tidak dipakai. Botol tersebut dikumpulkan untuk bisa didaur ulang.
Anthony Limantara selaku Manager Commercial Strategy SRC Jawa Tengah mengatakan, festival ini merupakan bentuk apresiasi kepada toko kelontong SRC terbaik di Jawa Tengah sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai cara kerja SRC.
Festival SRC Indonesia, merupakan wujud nyata dari visi SRC yaitu menjadi Indonesia yang lebih baik, dengan mendukung usaha kecil menengah agar terus berkembang dan memberi dampak positif kepada pengusaha UKM dan masyarakat sekitarnya.
Sedang SRC sendiri adalah sebuah wadah yang memiliki paguyuban, yang terdiri dari toko-toko kelontong seluruh Indonesia. Dari Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Pontianak, Makasar, Manado.
SRC membina toko kelontong, toko retail dan UKM agar menjadi lebih baik. Mampu bersaing dengan toko lainnya. Sebuah toko yang terlindungi, karena itu, mereka sangat terbantu dengan adanya SRC. Toko menjadi lebih tertata rapi, bersih, dan terang, sehingga menarik pembeli untuk berbelanja. Dan mampu bersaing dengan toko lainnya.