Mohon tunggu...
Deny wahyu hidayat
Deny wahyu hidayat Mohon Tunggu... Guru - Guru / SMKN 2 Bunguran Barat

Guru Biologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Pembelajaran di SMKN 2 Bunguran Barat

5 Desember 2023   21:50 Diperbarui: 5 Desember 2023   21:53 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Lokasi Kegiatan                    : SMKN 2 Bunguran Barat

Lingkup Pendidikan              : Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin di capai    : Meningkatkan  keaktifan dan motivasi  peserta  didik  dan  kemampuan berpikir HOTS dengan penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik  pada Ekosistem di Kelas X APHP SMK NEGERI 2 Bunguran  Barat.

Penulis                                    : Deny Wahyu Hidayat, S.Pd

Tanggal                                   : 10 Nopember 2023

  • PEMBAHASAN

Pada pembahasan kali ini menggunakan Metode STAR  ( Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi ). Adapun penjabarannya sebagai berikut :

  • S ( Situasi ) 

  • Kondisi  yang  menjadi  latar belakang  masalah,  mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam pembelajaran ini.

Pembahasan: 

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Motivasi dan minat sebagian peserta didik masih kurang dalam belajar Biologi
  • Proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, belum sepenuhnya melibatkan keaktifan peserta didik secara langsung
  • Guru masih sering menggunakan model pebelajaran yang konvensional
  • Guru belum mengkaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa
  • Guru masih jarang menggunakan media ( teknologi ) dalam pembelajaran

Mengapa pembelajaran ini penting untuk dibagikan ?

Alasan pembelajaran ini penting untuk dibagikan antara lain :

  • Berbagi pengalaman dengan rekan-rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama
  • Memotivasi diri sendiri dan rekan-rekan guru untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didik
  • Menjadi bahan refleksi untuk mengevaluasi dan memperbaiki dalam proses pembelajaran berkelanjutan
  • pembelajaran ini bisa menjadi pendorong untuk guru lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran inovatif terutama untuk penulis sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun