Mohon tunggu...
Wafiqa Adani
Wafiqa Adani Mohon Tunggu... Mahasiswa - institusi tazkia

saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Digital Marketing dalam Peningkatan Penjualan UMKM

9 Maret 2024   01:20 Diperbarui: 9 Maret 2024   01:23 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Abstrak: Pemasaran dan promosi produk melalui media internet atau digital secara online dikenal sebagai digital marketing. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengajarkan masyarakat tentang peran digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk UMKM, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Digital marketing dapat membantu UMKM mencapai konsumen luas yang tidak terbatas wilayah atau waktu dengan menggunakan media sosial, blog, dan website. Selain itu, iklan digital dapat memudahkan transaksi online melalui aplikasi e-commerce seperti GrabFood, ShopeeFood, dan GoFood. Promosi online seperti diskon, kupon, dan promosi produk juga dapat digunakan untuk menarik pelanggan.

PENDAHULUAN

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pemasaran telah berubah karena kemajuan teknologi informasi. Menurut Ascharisa (2018), pendekatan tradisional dan konvensional untuk komunikasi pemasaran telah masuk ke dalam dunia digital.

Digital marketing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan aktivitas pemasaran yang menggunakan kemajuan teknologi digital. Digital marketing mencakup pemasaran terpadu yang interaktif yang memungkinkan produsen, perantara pasar, dan calon konsumen berinteraksi satu sama lain (Purwana et al., 2017).

Di era modern, para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media digital untuk memasarkan barang mereka sehingga pelanggan lebih mengenal barang yang dibuat oleh UMKM. Jika UMKM memiliki akses internet, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce, mereka biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan, termasuk pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. Namun, banyak UMKM yang belum menerapkan teknologi informasi, khususnya media digital, dan belum mengerti seberapa besar manfaat dan peran media digital (Wardhana, 2018).

Google Business adalah salah satu media digital marketing yang paling populer. Aplikasi gratis ini memungkinkan bisnis pelaku UMKM untuk dipromosikan di berbagai produk Google, seperti penelusuran dan Peta. GoogleBisnis dapat membantu orang lain menemukan pelaku UMKM jika mereka melayani pelanggan di lokasi tertentu atau di area layanan yang ditentukan. Menurut Ridwan et al. (2019)

Media sosial adalah alat lain yang sering digunakan dalam digital marketing, salah satunya Instagram, yang memiliki fitur Akun Bisnis yang memungkinkan pelaku bisnis untuk membuat profil bisnis dan mengoptimalkan kegiatan bisnis mereka di platform tersebut. Bisnis dari berbagai ukuran dapat menggunakan fitur ini untuk memperkenalkan profil bisnisnya, mengumpulkan informasi tentang kiriman dan pengikut, dan mendorong kiriman untuk mendukung tujuan bisnis. Menurut Rachmawati (2018).

PEMBAHASAN

Karena kemampuan baru konsumen untuk mengikuti arus digital, pelaku usaha sering menggunakan digital marketing sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Beberapa perusahaan mulai beralih ke pemasaran modern setelah meninggalkan model pemasaran konvensional.

Salah satu keunggulan menggunakan digital marketing adalah sebagai berikut: (1) Target dapat disesuaikan dengan demografi, tempat tinggal, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan mereka. (2) Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat mengambil tindakan atau mengubah jika ada yang tidak sesuai. (3) Biaya jauh lebih murah daripada metode pemasaran konvensional. (4) Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis. (5) Dapat diakses kapan pun dan di mana pun mereka ingin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun