Sejauh ini PT KAI berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan, namun demikian upaya-upaya tersebut tentu saja tak seluruhnya memuaskan masyarakat penggunanya.
Kebijakan tiket online oleh PT KAI via Call Ceter, via website danmemperluas jaringan pembelian pesan tiket kereta api dengan sistem terintegrasi bekerjasama dengan Minimarket (Alfa & Indomaret) sejatinya untuk mempermudah masyarakat pengguna KA jarak jauh.
Keunggulan pemesanan tiket KA jarak menengah/jauh yang telah diterapkan oleh KAI, adalah :
- Kepastian mendapatkan/tidak mendapatkan tiket dan tempat duduk sesuai dengan tarif,
- Terbebas (atau setidaknya menekan) praktek percaloan yang cenderung merugikan calon penumpang,
- Terbebas antrian yang panjang, hemat waktu dan mengurangi kemacetan di jalan,
- Dapat melakukan reservasi jauh-jauh hari selambat-lambatnya H-90 dari jadwal pemberangkatan, dan dapat dilakukan dari rumah/kantor/jalan via Call Center atau Website serta dapat memlih bangku kosong/kursi yang tersedia secara bebas.
- Dengan cara pesan tiket kereta api online semacam ini calon penumpang dengan leluasa memilih dan mempertimbangkan antara waktu pemberangkatan, kelas kereta dan nama kereta yang tersedia berdasarkan Stasium pemberangkatan dan Stasiun tujuan.
Harus diakui pelayanan KA saat ini dirasakan sudah jauh lebih baik. Kebersihan Stasiun dan KA terutama, sangat di utamakan. Sudah ada OTC (on train cleaning) serta security di dalam kereta.
Animo masyarakat yang tinggi dalam menggunakan sarana transportasi publik (KA) menjadi bukti bahwa KA telah mampu membuat branding yang positif terlepas dari kelebihan dan kekurangnnya ...
Jakarta, 30 pril 2014
Salam
W.Salim