Mohon tunggu...
W. Salim
W. Salim Mohon Tunggu... wiraswasta -

Enterpreneurship and Employee

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sisi Positif Habisnya Tiket KAI Tujuan Jarak Jauh Pada Hari-hari H Lebaran 2014

30 April 2014   16:33 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:01 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sejauh ini PT KAI berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan, namun demikian upaya-upaya tersebut tentu saja tak seluruhnya memuaskan masyarakat penggunanya.

Kebijakan tiket online oleh PT KAI via Call Ceter, via website danmemperluas jaringan pembelian pesan tiket kereta api dengan sistem terintegrasi bekerjasama dengan Minimarket (Alfa & Indomaret) sejatinya untuk mempermudah masyarakat pengguna KA jarak jauh.

Keunggulan pemesanan tiket KA jarak menengah/jauh yang telah diterapkan oleh KAI, adalah :


  1. Kepastian mendapatkan/tidak mendapatkan tiket dan tempat duduk sesuai dengan tarif,
  2. Terbebas (atau setidaknya menekan) praktek percaloan yang cenderung merugikan calon penumpang,
  3. Terbebas antrian yang panjang, hemat waktu dan mengurangi kemacetan di jalan,
  4. Dapat melakukan reservasi jauh-jauh hari selambat-lambatnya H-90 dari jadwal pemberangkatan, dan dapat dilakukan dari rumah/kantor/jalan via Call Center atau Website serta dapat memlih bangku kosong/kursi yang tersedia secara bebas.
  5. Dengan cara pesan tiket kereta api online semacam ini calon penumpang dengan leluasa memilih dan mempertimbangkan antara waktu pemberangkatan, kelas kereta dan nama kereta yang tersedia berdasarkan Stasium pemberangkatan dan Stasiun tujuan.

Harus diakui pelayanan KA saat ini dirasakan sudah jauh lebih baik. Kebersihan Stasiun dan KA terutama, sangat di utamakan. Sudah ada OTC (on train cleaning) serta security di dalam kereta.

Animo masyarakat yang tinggi dalam menggunakan sarana transportasi publik (KA) menjadi bukti bahwa KA telah mampu membuat branding yang positif terlepas dari kelebihan dan kekurangnnya ...

Jakarta, 30 pril 2014

Salam

W.Salim

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun