Mohon tunggu...
vrysa skolas
vrysa skolas Mohon Tunggu... -

My nane vrysa

Selanjutnya

Tutup

Money

Susahnya mencari Pekerjaan (Interview dan Psikotest)

11 Mei 2014   11:59 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:37 7959
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kawan2 semua pasti pernah merasa mencari kerja itu susah ya kan?? Saya pun beranggapan demikian. Saya berkali kali ditolak berbagai perusahaaan. Bahkan IPK saya yg cum laude pun bukan jaminan untuk diterima di perusahaan. Berikut adalah berbagai pengalaman saya mengikuti serangkaian psikotest dan interview di berbagai perusahaan: 1. PT Tempo inti media Saya mengikuti psikotest disini, soalnya ya standar lah dari jam 10 sampai jam 12 tes psikotestnya. Standar lah ada wartegg test, gambar orang, gambar pohon, tes analogi..okeeeee kami disuruh nunggu hadil test sekitar 2 mingu, bagi yg lolos akan ditelpon..setelah 2 minggu deg2an akiirnya saya lolos psikotest can lanjut tahap interview user, interview usernya cukup mudah hanya ditanya masalah personal dan seputar kenapa ingin masuk Tempo. Laluuu seperti biasa jika lolos akan masuk tahap interview direksi,daaaaan saya pun lolos tahap ini!! Begitu girang hati saya, tapi sampai tahap interviewdireksi saingan saya ada 5 orang utk merebutkan posisi legal staff, dan saya pun gugur di tahap ini huhhuuuuuw sedih siiih....tapi jangan menyerah saya akan mencoba lagi 2.PT Vi**re Lagi2 pekerjaan ini saya dapat dr jobstreet..saya gak terlalu berkesan karena testnya memakan waktu lama dari pagi sampai sore, psikotest dan interview user digabung, interview berjalan lumayan susahditanya2 ttg jaminan,pasar modal..saya gak bisa dehh lupa semua hahahahaaa yauda akhir ya saya gak lolos di PT ini...sedih lagi dehhhh heheee 3.PT S*ho Glo**l H*alth Nah ketiga di PT S*ho ini..saya jg nemu dr jobstreet lagiii.. psikotets pun lagi2 gampaaaang lahh.buat kalian yg mau tau cara lolos psikotest ada banyak cara dan bisa kalian contoh di internet..saran saya pelajari dan pahami benar2 agar lolos psikotest,, Saya pun disini gak terlalu berkesan, Tapi gak tau lah terserah apa kata mereka yg bilang. Interview HR jg berjalan dgn lancar hanya masalah pribadi..tapi lagi2 saya gak lolos..belom jodoh kali ya hehee 4. psikotest bank BCA Saya juga sempat ditelpon bank BCA saya jg dpt dr jobstreet... Disini memakai sistem gugur..test berlangsung di JDC slipi. Peserta ada 30 orang dan untuk test psikotest tahap pertama saya berhasil lolos.hanya 25 orang yg lolos dan lanjut ke tes kedua berpa itung2an, gambar pohon orang, wartegg tes, gambar pola yg bagi saya adalah mudah...dan benar saja saya lolos dengan peringkat pertama dan hanya 5 org yg lolos.. Lalu besoknya lanjut interview psikologi tp saya gak bisa dateng krn bentrok dgn interview direksi PT Tempo.,oke good bye BCA 5.Universitas XXX Kenapa saya beri nama XXX??? Karena saya melamar bekerja di kampus saya sendiri. Gak mungkin dong kampus saya tahu???? Hahahahaha!!!! Jadi saya melamar utk staff Legal, interview erjalan dgn mudahnya,lalu esoknya lanjut psikotest di Fenomena panglima polim jakarta dan esoknya sabtu lanjut Medical Check Up...saya benar2 yakin lolos test ini krn saya sehat dan baik2 saja lohhhh....tapiii kutunggu sampai sebulan bahkan dua bulan gak ada kabar, saya telpin lah HRD dari universitas XXX, tapi HRD hanya jwb "hasil tes kesehatan mbak baik2 aja tapi mohon ditunggu ya mba belom ada keputusan final pemimpin" sebel banget masa uda 2 bulan belom ada keputusan, saya sudah sampai medical check up loh. Dan  mereka menjanjikan saya posisi dan harus ya merek MENEPATI janji mereka!!! Tapi yaudah sampai 4 bulan saya juga gak dipanggil okelah good bye..dan sampai akirnya saya tahu bahwa posisitersebut diberikan kepada senior saya yg lebih pengalaman. 6.PT Bank Panin Indonesia Akirnya saya ikut lagi test sempat shock ga diterima kerja banyak banget, tapi say mencoba bangkit lagi dan ikut lah tes bank panin, test dimulai jam 10, lagi2 testnya sama aja soalnya kayak perusahaan lain dan saya kerjakan dgn mudahnya...ditunggu sampai jam 1 siang dan saya berhasil lolos ke interview HR. Tapi saya dikasi posisi utk MT, saya gak yakin krn saya sedang mengikuti S2,, oke disuruh tunggu 2 minggu ga ada kabar.oke saya ditolak lagi deh hehehehe 7. Bank HSBC Test nya susah pake SHL,tapi saya berhasil lolos tapi kutolak kadena ditawarinnya utk posisi Teller, kan saya dr hukum beda ilmu bgt kalo jd Teller 8. Klinik Pro*** Saya pernah ikut test disni utk posisi staff HR ahahahhaa tapi psikotestnya parah susah bangetttgtt saya yakin ga lolos.dan benar saja saya gak lolos. 9. PT Ba** Test nya susah ada analogi kayak test TPa. Interview lancar tapi gak srek bos nya agak kaku heheeh yaudehh bener ajeee ane ditolak cui di perusahaan ini..sedih sih soalnya PT ini di wisma KEIAI jd deket sama rumah ane yg bekasi ( deket kalo naik busway ehebe) Masih banyak juga PT yg memanggil aku tp kutolak krn berbagi keadaan ga memungkinkan kayak aku sakit, capek, bentrok, bahkan gak minat...saya pun 4 bulan menganggur,sempat merasa saya bodoh gak diterima,sempet depresi, menangis, frustasi,karena saya merasa gak mau dan gak ada perusahaan mau terima saya. Lalu saya sadar tidak ada gunanya menyerah sekarang, saya harus percaya diri, saya harus yakin, dgn dukungan dari pacar tersayang saya bisa bangkit lagi dan mencoba melamar2 lagi. Sampai akirnya saya diterima di salah satu perusahaan swasta cukup terkenal memang tapi saya senang ada yg mau nerima saya yg lugu polosjelek ini ahhaha..Saran saya utk adik2 yg baru lulus, jgn menyerah ya jgn sedih jika ditolak anggap saya sbg batu loncatan dan yakinkan pada mereka kalo mereka akan menyesal tidak meng-hire kamu sebagai karyawan mereka!!! Jangan sperti saya yg udah nangis bombay yahh hahahaa! Semangaaaaaat!!!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun