UMKM go global! UMKM go export! Hal ini salah satunya tak lepas dari peran BRI memperkenalkan  UMKM (Usaha  Mikro Kecil dan Menengah) kepada dunia, melalui pameran industri kreatif yang melibatkan para pelaku UMKM yang kreatif dan berkualitas. Pameran ini dikenal dengan sebutan BRILianpreneur. Sebuah ide brilian yang diharapkan akan membawa UMKM Indonesia mendunia, tidak hanya berkiprah secara lokal saja. Yes, UMKM naik kelas! Bahkan tahun ini, BRILianPreneur tampil dalam pameran di Bali yang diselenggarakan dalam rangkaian KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, dimana UMKM diperkenalkan kepada dunia melalui para kepala negara yang hadir di KTT G20. Karena itu banggalah dengan usaha UMKM-mu. Jangan mau kalah dengan mereka yang sudah terpilih sebagai peserta BRIlianpreneur!
Adapun tujuan BRIlianpreuneur , yang telah diselenggarakan sejak 2019, adalah memperkenalkan keunikan dan nilai lokal produk UMKM Indonesia kepada dunia. Â Kegiatan ini merupakan sinergi antara BRI dengan kementrian koperasi dan UMKM. Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini, melalui BRILianpreneur, UMKM dipertemukan dengan para calon pembeli dari berbagai belahan dunia.
Selain BRIlianpreneur, BRI juga banyak mendukung dalam hal pendanaan UMKM melalui KUR, yaitu pinjaman khusus untuk usaha rakyat dengan bunga bersahabat alias ringan. Dengan pemberian KUR, tentu hal ini juga sangat membantu para pelaku UMKM dan juga mendorong yang lain untuk mulai berpikir kreatif membangun UMKM, memulai usaha mulai dari mikro, menengah, untuk kemudian bertumbuh menjajal pasar export ke seluruh dunia. Daripada berkeluh kesah tentang peran pemerintah yang tidak terlalu berasa secara pribadi per pribadi, lebih baik kita sendiri ikut membangun minimal diri sendiri dulu, untuk kemudian menarik orang lain untuk tumbuh bersama.
Bukan hanya itu saja, BRI juga memberikan pelatihan-pelatihan terkait export, mulai dari prosedur, negosiasi, dan kontrak dagang demi mempersiapkan sumber daya manusianya siap memasuki pasar International. Lantas apa yang harus dilakukan dari sisi para pelaku UMKM? Â
Dengan berbagai dukungan BRI terhadap perkembangan UMKM Indonesia, tentunya para pelaku UMKM juga harus membuat produk dan bisnisnya pantas untuk masuk ke pasar export yang mendunia. Tidak hanya masalah produk dan kualitasnya, tetapi kemampuan berkomunikasi dan berbahasa International juga akan sangat berguna dan dibutuhkan. Jangan sampai terjadi miscommunication atau salah persepsi yang mengakibatkan pengiriman barang tidak sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan padahal mungkin sebelumnya sudah diskusi panjang lebar.
Selain itu, pada akhirnya nanti, para pelaku UMKM harus bisa terus berinovasi agar tetap dapat bersaing secara global. Tentunya para pelaku UMKM harus bisa juga bergaul secara International untuk dapat terus berinovasi melihat-melihat kira-kira perubahan apa yang dibutuhkan. Teknologi informasi memungkinkan semua itu. Melihat dunia hanya dari perangkat komputer kita, namun jika kita tidak memiliki kemampuan dasar seperti bahasa International dan kemampuan membuka diri terhadap perbedaan budaya, teknologi informasi tidak berarti apa-apa.
Salah satu kisah sukses UMKM binaan BRI yang sudah ikut meramaikan pasar International adalah "Loosewood" dengan produk-produk fashion hasil daur ulang papan skateboard yang berwarna-warni. Produk mereka berhasil dibawa ke Belanda untuk meramaikan event International Pasar Tongtong Belanda. Tentu hal ini sangat membanggakan bukan saja bagi mereka, tetapi bagi bangsa Indonesia. Setidaknya dunia menjadi tahu bahwa Indonesia juga mampu bersaing secara International. Dilansir dari websitenya, loosewood.com, usaha mereka dimulai dari hobby bermain skateboard. Andhika Praditya, pendiri loosewood.com melihat kesempatan dari papan-papan skateboard rusak yang dibuang begitu saja. Dengan keahliannya, ia pun menyulap papan-papan skateboard rusak itu menjadi asesoris-asesoris cantik, seperti anting-anting, kalung, kacamata, serta jam tangan. Kreatif bukan?!! Karya-karyanya yang bisa kita lihat pada website perusahaannya nampak unik dan berkelas. Jika mereka dapat setidaknya mempertahankan kualitas dan keunikan karya-karya mereka, pasti mereka dapat bersaing di pasar International.Â
Selain menampilkan UMKM Indonesia kepada para pemimpin negara peserta G20 2022, BRI juga rupanya sudah bertransformasi menjadi bank digital yang memudahkan para pelaku UMKM dalam bertransaksi. Bagusnya lagi, BRI bukan cuma bertransformasi sepihak dengan membangun di dalam saja, namun mereka juga "keluar" untuk ikut membangun masyarakat melalui berbagai programnya, diantaranya aktif meningkatkan literasi masyarakat terhadap keuangan. Hal ini dibuktikan dengan dinobatkannya BRI sebagai bank ter-aktif dalam peningkatan literasi keuangan masarakat dalam ajang LPS Banking awards 2022. Bukan perkara mudah meningkatkan literasi keuangan masyarakat, mengingat pembangunan yang relatif belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Namun BRI yang sejak dulu dikenal dekat dengan rakyat baik di pedesaan maupun di kota besar, kita percaya dapat menjalankan itu semua. Lihat saja di pelosok-pelosok desa, Bank BRI lah yang dikenal oleh masyarakat. Apalagi sekarang ada agen BRIlink yang ikut melibatkan masyarakat dalam transaksi keuangan perbankan.
Selain mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan, seiring dengan transformasi layanan BRI ke arah digitalisasi, para InsanBRIlian (karyawan BRI) yang bertugas, juga mengedukasi masyarakat tentang keamanan data. Hal yang tidak bisa dipisahkan antara literasi keuangan dan keamanan data perbankan pada masa ini. Â
Dengan semua usaha dan dukungan BRI itu, pantaslah jika kita menyebut BRI sebagai pahlawan financial. Yes BRIPahlawanFinansial!. Bagaimana tidak. BRI ada dibalik layar keberhasilan UMKM Indonesia sejak beberapa tahun ini. UMKM, yang menurut Presiden Jokowi, merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dimana 97% serapan tenaga kerja di Indonesia berada pada UMKM, khususnya sektor mikro. UMKM merupakan tameng dalam menghadapi resesi ekonomi atau tekanan lainnya terhadap ekonomi rakyat. Secara tidak langsung, UMKM dapat mendukung program pengentasan kemiskinan. Jadi sekali lagi, BRI yang memberikan dukungan penuh terhadap pertumbuhan dan kemajuan UMKM di Indonesia, Yes, BRIPahlawanFinansial!!