Mohon tunggu...
Vreden Berg
Vreden Berg Mohon Tunggu... -

Pemborong bangunan

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Apa Maksudnya Komunitas Saling Membantu?

29 Maret 2015   15:03 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:50 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak orang bertanya apa itu MMM? secara spontan mungkin bisa di jawab MMM adalah Manusia Membantu Manusia. Lalu pertanyaan berikutnya adalah manusia yang mana yang dapat dibantu? Bukan kah kalau niatnya murni membantu tidak perlu ikut MMM juga bisa?

Nah disinilah letak kesalahpahaman banyak orang tentang istilah Manusia Membantu Manusia. Menurut penilaian orang awam, membantu dengan niat yang tulus itu tidak membutuhkan reward, dan saya setuju dengan pendapat yang seperti itu. Namun kemudian saya bertanya lagi dalam hati, Lalu siapa yang mau membantu saya? Sementara saya sudah bekerja dari pagi hingga larut malam, dan penghasilan saya masih belum mampu memenuhi kebutuhan hidup saya yang semakin hari semakin menghimpit.

Kalau ada yang mengatakan bahwa ikut MMM adalah untuk mencari keuntungan bukan untuk memberi bantuan, disini saya bisa mengatakan dengan tegas bahwa hal itu adalah BENAR tetapi juga SALAH. Seperti yang saya katakan di atas, kalau semua orang hanya membantu tanpa mengharapkan reward, lalu siapa yang akan membantu saya untuk memperbaiki kehidupan ekonomi saya? Tentu harus ada orang lain yang mau melakukannya untuk saya.

Nah melalui MMM lah saya menemukan jawabannya. Komunitas MMM sepakat untuk SALING MEMBANTU, ingat!! disini saya menggunakan kata SALING, yang arti nya terjadi timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain yang tergabung dalam komunitas. Benar, saya katakan bahwa SALING MEMBANTU INI HANYA TERJADI ANTAR SESAMA ANGGOTANYA SAJA, tidak dengan "dunia luar" di luar komunitas. Apabila ada yang merasa kelebihan setelah bergabung di komunitas MMM, menjadi hak masing-masing individu untuk memberikan bantuannya kepada orang lain di luar komunitas.

Jadi sangat wajar apabila komunitas MMM SEPAKAT memberikan reward sebesar 30% atas nilai bantuan yang diberikan seseorang untuk sesama anggotanya, karena tanpa hal tersebut mungkin kalimat SALING MEMBANTU tersebut tidak akan pernah terjadi.

Bagi yang belum paham dengan penjelasan SALING MEMBANTU di atas, mungkin anda masih berada di luar "lingkaran", dan perlu masuk kedalam komunitas MMM yang mana setiap anggotanya dengan secara sadar saling membantu satu sama lain demi memperbaiki kualitas hidup masing-masing baik secara materi maupun secara moril.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun