Proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan berubah secara drastis sebagai konsekuensi dari pandemi Covid-19 yang mana Pemerintah Indonesia menetapkan peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kebijakan pemerintah ini mengharuskan masyarakat untuk menghindari pertemuan berskala besar dan mengisolasi diri di rumah sebagai cara mencegah penyebaran virus menjadi semakin luas.Â
Dunia pendidikan menjadi salah satu yang merasakan dampak dari pandemi ini yaitu adanya pergeseran proses pembelajaran dari kelas ke sarana dalam jaringan di mana pengajaran dilakukan dari jarak jauh.Â
Dalam menghadapi situasi ini, penting untuk memastikan bahwa pembelajaran terus berlanjut. Maka dari itu, pelajar dan pengajar dipaksa untuk bisa lebih akrab dengan tuntutan industri era 4.0 yang mengharuskan kita untuk mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh guna menjalankan proses belajar-mengajar yang tetap efektif. Â
Tidak dapat dipungkiri bahwa metode ini memiliki manfaat yang mungkin tidak bisa kita temukan ketika pembelajaran tatap muka secara langsung. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang ada jelas membantu mempersiapkan peserta didik yang siap bersaing di era digital. Selain itu, sistem ini memungkinkan individu untuk mengasah beberapa kemampuan baik secara sadar maupun tidak.
Sebagai contoh, ketika melaksanakan diskusi di kelas bersama guru atau dosen, kita diharuskan untuk memiliki etika bercakap-cakap yang tetap sesuai konteks namun disampaikan secara formal dan akademis agar tetap membuat diskusi berjalan dengan baik layaknya diskusi di secara langsung di kelas.
Dengan adanya kursus daring, seminar, pelatihan dari beberapa institusi lintas jurusan mengenai berbagai topik atau fokus pelajaran, pelajar dapat memanfaatkan waktu ini untuk bereksplorasi, menambah wawasan, dan menambah soft skills yang diperlukan di masa yang akan datang.Â
Selain itu, dengan adanya aktivitas seperti seminar ataupun pelatihan dapat membantu evaluasi diri seseorang mengenai dirinya, seberapa jauh individu tersebut telah belajar, seberapa luas pengetahuan individu tersebut, termasuk kemampuannya dalam menyelesaikan suatu masalah.