BAB I
PENDAHULUAN
Â
1.1 Latar Belakang
Pendidikan karakter di Indonesia semakin mendapatkan perhatian seiring dengan meningkatnya tantangan moral dan sosial yang dihadapi oleh generasi muda. Di tengah perubahan zaman yang cepat, peran guru sebagai pendidik bukan sekedar pada pengalihan pengetahuan, namun juga mencakup tanggung jawab untuk membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Di SD Negeri Tegal Kidong-Dong, upaya untuk menanamkan pendidikan karakter menjadi semakin penting, mengingat lingkungan sosial dan budaya yang beragam serta kompleks.
Latar belakang penelitian ini berfokus pada peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter di SD Negeri Tegal Kidong-Dong. Sekolah ini berkomitmen untuk tidak hanya mendidik siswa secara akademis, tetapi juga membentuk mereka menjadi individu yang memiliki nilai-nilai moral yang kuat. Dalam konteks ini, peran guru yaitu menjadi teladan, motivator serta fasilitator yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai strategi dan pendekatan yang diterapkan oleh guru dalam mendidik dan membimbing siswa agar dapat mendalami nilai-nilai karakter seperti memiliki karaker jujur, toleransi, disiplin, dan tanggung jawab.
Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa meskipun banyak guru menyadari pentingnya pendidikan karakter, masih terdapat tantangan dalam implementasinya. Beberapa faktor seperti kurangnya pelatihan khusus bagi guru tentang pendidikan karakter, serta pengaruh lingkungan luar sekolah yang kadang bertentangan dengan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah, menjadi hambatan dalam proses ini. Oleh karena itu, penelitian ini juga akan mengidentifikasi kendala-kendala tersebut serta mencari solusi untuk meningkatkan efektivitas peran guru dalam penanaman pendidikan karakter.
Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan model-model efektif dalam penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Tegal Kidong-Dong yang dapat dijadikan referensi bagi sekolah-sekolah lain. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya menjadi tanggung jawab guru semata, tetapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan generasi muda yang berkualitas serta berakhlak mulia.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah nya yaitu Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik di SD Negeri Tegal Kidong-Dong?
1.3 Tujuan Penulisan