Mohon tunggu...
VIVIN DWI ANGGRAINI
VIVIN DWI ANGGRAINI Mohon Tunggu... Lainnya - siswa

hobi saya membaca dan bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Mengapa Saya Memilih Membagikan Cerita Pribadi Saya Melalui Diary Publik

3 Oktober 2023   20:03 Diperbarui: 3 Oktober 2023   20:08 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pada saat ini media sosial telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita, banyak orang telah menemukan cara baru untuk berbagi cerita atau berbagi pengalaman. Salah satu cara saya adalah membuka diri melalui sebuah diary publik. Ada beberapa alasan yang mendasari

Pertama, ini bikin saya lebih merasa deket sama orang-orang. Ketika kita ceritain pengalaman pribadi, kadang banyak yang ngerasa relate sama cerita kita. Itu bikin kita merasa nyambung dan saling dukung. Saya ngerasa kalo cerita hidup saya bisa ngebuat orang lain termotivasi atau merasa gak sendirian dalam masalah mereka. Ini jadi cara bagus buat bangun hubungan sosial.

Kedua, diary publik juga bantu saya buat merenung dan mikirin pengalaman saya sendiri. Saat kita tulis pengalaman-pengalaman kita, kayaknya kita lagi liat cermin tentang diri kita. Ini bikin kita lebih ngerti perasaan dan pikiran kita, dan seringkali bantu kita tumbuh dan berkembang. Buat saya, nulis diary publik jadi semacam terapi, yang bantu saya kurangin stres dan cari solusi buat masalah saya.

Selain itu, diary publik juga kasih kesempatan buat saya buat bagi pengetahuan dan pandangan saya sama orang lain. Saya percaya pengalaman hidup itu guru terbaik, dan pas saya bagi ilmu yang saya dapet lewat diary publik, saya bisa kasih wawasan dan inspirasi buat orang lain. Itu kayak kontribusi positif buat masyarakat menurut saya.

Tentu aja, ada risiko kalo kita terlalu buka-bukaan soal privasi. Kita harus ati-ati dan tetep jaga privasi kita. Tapi kalo pinter-pinter ngatur, diary publik bisa jadi alat kuat buat nyambung sama orang lain, buat merenungin pengalaman pribadi, dan buat bagi pengalaman yang berguna. Makanya saya pilih buat ceritain jalan hidup saya lewat diary publik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun