Mohon tunggu...
Vivi Damayanti
Vivi Damayanti Mohon Tunggu... -

menjalankan toko online dari rumah, mencurahkan energi dengan menulis di http://vividamayanti.com

Selanjutnya

Tutup

Money

No Call, Text Only!

24 Mei 2012   00:11 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:54 575
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah beberapa waktu saya "tergelitik" untuk menulis tentang ini... Iya karena pertanyaan ini muncul berulang kali di kepala saya : " Kenapa banyak toko online mencantumkan tulisan : [NO CALL- TEXT ONLY] pada halaman kontak mereka. Kebanyakan melampirkan form untuk email, atau kontak via YM! Yang saya kagum, ada satu toko online yang justru mencantumkan ini via FAQ, yang jelas menyatakan : Maaf, kami tidak melayani order melalui telepon. SMS/Email sudah cukup. Mulanya saya berpikir, kenapa ya? Bukannya toko online ingin banyak pembeli, sehingga mencantumkan banyak cara menghubungi mereka? Bisa via SMS, Telepon,BBM, Email, YM, Facebook, dan Twitter. Tetapi ketika menjalani sendiri operasional toko online saya, kebetulan saya menemukan fakta yang lumayan bikin saya sendiri terheran-heran : 90% dari calon pelanggan yang menelepon, TIDAK MEMBELI atau melakukan transaksi. Hampir semuanya hanya bertanya hal-hal berikut :

  • barang ini apakah stoknya masih ada?
  • barang ini harganya berapa?
  • cara pemesanannya gimana?
  • bayarnya via bank apa?
  • atau pertanyaan paling menggemaskan : Ini Toko Online beneran? dan cuma mau ngetes saya ini PENIPU ONLINE atau bukan...

Hwhwhwhw... saya sampe ga tahu musti jawab apa, selain ketawa.. Padahal semua yang ditanyakan sudah muncul dan ditampilkan dengan jelas di Halaman FAQ, dan Halaman Cara Pembelian. Oh iya balik ke ide awal tulisan ini. Kenapa hanya No Call - Text Only? Fakta nyata yang saya temukan: 90% yang menelepon TIDAK MEMBELI. Fakta kedua, saya menyisihkan banyak waktu untuk menerima dan menjawab telepon, minimal 5-15 menit sekali telepon, karena rata-rata pertanyaan berkembang. Fakta ketiga, meskipun dengan pembicaraan telepon yang panjang soal barang ini itu, ketika selanjutnya di konfirmasi order, dan di beri nomor rekening, mereka tidak juga mentransfer,sehingga order saya batalkan Nah lho... Dibalik itu ada fakta bahwa : pelanggan yang melakukan order via SMS 90% langsung ok dan transfer. 90% yang order melalui shopping chart, langsung mentransfer juga

Apakah ini memang tipikal pembeli online Indonesia ya?

Yah, maaf ya, saya juga mencantumkan No Call Text Only pada toko online saya... Maaf juga kalau saya sering tidak menjawab/mereject telepon-telepon yang masuk... bukan bermaksud apa-apa.. fakta diatas tadi lho... hwhwhw - Catatan : tentu saja ini adalah pendapat pribadi... di toko online milik pribadi... dan pasti bersifat subyektif... kalau toko online teman-teman mendapat banyak order via telepon syukurlah... Salam .. ;)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun