Sudah beberapa waktu saya "tergelitik" untuk menulis tentang ini... Iya karena pertanyaan ini muncul berulang kali di kepala saya : " Kenapa banyak toko online mencantumkan tulisan : [NO CALL- TEXT ONLY] pada halaman kontak mereka. Kebanyakan melampirkan form untuk email, atau kontak via YM! Yang saya kagum, ada satu toko online yang justru mencantumkan ini via FAQ, yang jelas menyatakan : Maaf, kami tidak melayani order melalui telepon. SMS/Email sudah cukup. Mulanya saya berpikir, kenapa ya? Bukannya toko online ingin banyak pembeli, sehingga mencantumkan banyak cara menghubungi mereka? Bisa via SMS, Telepon,BBM, Email, YM, Facebook, dan Twitter. Tetapi ketika menjalani sendiri operasional toko online saya, kebetulan saya menemukan fakta yang lumayan bikin saya sendiri terheran-heran : 90% dari calon pelanggan yang menelepon, TIDAK MEMBELI atau melakukan transaksi. Hampir semuanya hanya bertanya hal-hal berikut :
- barang ini apakah stoknya masih ada?
- barang ini harganya berapa?
- cara pemesanannya gimana?
- bayarnya via bank apa?
- atau pertanyaan paling menggemaskan : Ini Toko Online beneran? dan cuma mau ngetes saya ini PENIPU ONLINE atau bukan...
Hwhwhwhw... saya sampe ga tahu musti jawab apa, selain ketawa.. Padahal semua yang ditanyakan sudah muncul dan ditampilkan dengan jelas di Halaman FAQ, dan Halaman Cara Pembelian. Oh iya balik ke ide awal tulisan ini. Kenapa hanya No Call - Text Only? Fakta nyata yang saya temukan: 90% yang menelepon TIDAK MEMBELI. Fakta kedua, saya menyisihkan banyak waktu untuk menerima dan menjawab telepon, minimal 5-15 menit sekali telepon, karena rata-rata pertanyaan berkembang. Fakta ketiga, meskipun dengan pembicaraan telepon yang panjang soal barang ini itu, ketika selanjutnya di konfirmasi order, dan di beri nomor rekening, mereka tidak juga mentransfer,sehingga order saya batalkan Nah lho... Dibalik itu ada fakta bahwa : pelanggan yang melakukan order via SMS 90% langsung ok dan transfer. 90% yang order melalui shopping chart, langsung mentransfer juga
Apakah ini memang tipikal pembeli online Indonesia ya?
Yah, maaf ya, saya juga mencantumkan No Call Text Only pada toko online saya... Maaf juga kalau saya sering tidak menjawab/mereject telepon-telepon yang masuk... bukan bermaksud apa-apa.. fakta diatas tadi lho... hwhwhw - Catatan : tentu saja ini adalah pendapat pribadi... di toko online milik pribadi... dan pasti bersifat subyektif... kalau toko online teman-teman mendapat banyak order via telepon syukurlah... Salam .. ;)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H