Kemudahan menjalani aktifitas sehari-hari kita banyak dibantu oleh barang canggih yang disebut perangkat komputer. Menyimpan file yang besar, ada hardisk mencetak dokumen, ada printer, dan seterusnya. Tentu manfaat yang ditawarkan dicerminkan dari harganya juga. Produk bagus, tentu harganya tidaklah murah.Â
Namun, benarkah dengan harga yang kita bayarkan hanya sebatas meng-cover produk saja? Ternyata tidak loh kawan-kawan. Harga suatu barang perangkat komputer mencakup beberapa hal yang wajib Anda semua perhatikan, diantaranya:
1. Service
Service disini termasuk pelayanan sebelum, saat, dan sesudah membeli suatu produk. Pelayanan sebelum adalah ketika kita masuk toko dan bertanya-tanya produk apa yang sesuai. Pramuniaga yang benar adalah dia yang merekomendasikan produk sesuai dengan kebutuhan, bukan sekedar asal jual. Saat yaitu ketika terjadinya proses pembelian. Pramuniaga toko melayani dengan ramah dan sopan, serta mengajarkan cara penggunaan produk. Setelah yaitu ketika konsumen mengalami kebingungan dalam pengoperasiannya, pramuniaga wajib membantu.Â
2. Â Garansi
Biasanya disetiap produk perangkat komputer atau barang elektronik lainnya, akan ada selalu kartu jaminan produk. Kartu ini memiliki masa berlaku yang berbeda-beda. Misalnya di printer Brother garansi yang diberikan 3 tahun selama penggunaan normal. Kartu ini harus segera Anda aktifkan setelah membeli agar jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada perangkat komputer Anda, kartu garansi tersebut dapat meng-cover.Â
2 hal di atas adalah yang terpenting saat Anda hendak membeli perangkat komputer. So, jangan mau rugi dengan menyia-nyiakan hal yang seharusnya menjadi hak Anda ya :)Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H