Mohon tunggu...
Vivi susanti
Vivi susanti Mohon Tunggu... Guru - Guru SDIT Al Ittihad Pekanbaru

Saya seorang guru sekolah dasar di salah satu swasta di pekanbaru, hobi saya berolahraga, membaca dan mencoba cara yang baru terkait inovasi pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Urgensi Kemandirian dalam Belajar di SD

15 November 2023   08:15 Diperbarui: 15 November 2023   08:42 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu visi dan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 adalah penerapan Profil Pelajar Pancasila baik intrakurikuler maupun kokurikuler. Salah satu Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah mandiri. Mandiri itu mempunyai makna peserta didik mampu bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya sendiri.

Kemandirian dalam belajar tidak akan mampu dicapai seorang peserta didik jika karakter kemandiriannya belum tertanam dari kecil. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, kemampuan peserta didik menyesuaikan diri dengan lingkungannya, dan keberhasilan proses serta hasil belajar peserta didik.

Peserta didik pada jenjang SD masih mempunyai keterbatasan dalam hal kemandirian. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kematangan emosional peserta didik serta kebiasaan yang sudah ditanamkan orang tua dari rumah. Peserta didik yang sudah  matang secara emosional akan mudah menyesuaikan diri ketika masuk sekolah dan sebaliknya peserta didik yang belum matang secara emosional akan mengalami permasalahan saat mulai belajar di SD. Hal ini disebabkan adanya target kurikulum maupun target sekolah yang harus diselesaikan peserta didik secara personal.

Beberapa cara yang bisa diterapkan guru untuk melatih kemandirian siswa adalah sebagai berikut:

  • Mendorong peserta didik untuk bertanggung jawab dengan barang barang milik sendiri.
  • Melatih peserta didik untuk menyelesaikan tugas tugas belajar secara personal.
  • Menerapkan pembelajaran berbasis masalah.
  • Membiasakan siswa belajar berbasis proyek dengan dimensi kemandirian dalam penyelesaiannya.
  • Bekerja sama dengan orang tua dalam melatih kemandirian di rumah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun