Pembelajaran efektif merupakan sebuah proses pembelajaran yang diidamkan oleh guru-guru yang mengabdikan dirinya sebagai pendidik generasi penerus bangsa. Gambaran pembelajaran efektif merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, serta mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Menurut Smaldino, 2019:24 ada beberapa prinsip yang dapat dilakukan guru agar pembelajaran di sekolah dapat efektif. Berikut diantaranya :
- Melakukan penelitian pengetahuan sebelumnya. Sebelum memberikan pembelajaran guru perlu mengumpulkan informasi yang relevan tentang pengetahuan dan tingkat keterampilan setiap peserta didik. Guru harus mengetahui pengetahuan apa yang telah diperoleh peserta didik sebelumnya. Untuk dapat belajar dari sebagian besar materi dan kegiatan, peserta didik harus memiliki pengetahuan dan keterampilan pra-syarat (Newby, Stepich, Lehman, & Russell 2010).
- Mempertimbangkan perbedaan individu. Cermati berbagai kebutuhan belajar peserta didik misalnya bahasa yang digunakan di rumah, kebiasaan belajar atau hal lainnya. Guru perlu mempertimbangkan tekhnologi dan media yang dimiliki peserta didik dan sumber belajar apa yang diperlukan (esensial).
- Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus disusun dan sesuai dengan hasil atau standar yang diharapkan.
- Mengembangkan keterampilan metakognitif. Peserta didik membutuhkan bantuan dalam memahami bagaimana peserta didik belaajr dan sumber daya apa yang membantu dalam proses tersebut.
- Memberikan sentuhan interaksi sosial. Peserta didik mendapatkan pengalaman dan keahlian ketika berkolaborasi dengan orang lain di dalam dan di luar kelas.
- Memasukkan konteks yang realistis. Peserta didik mendapatkan manfaat dari pemahaman bagaimana pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan dunia di sekitar mereka.
- Melibatkan peserta didik dalam praktik pembelajaran yang sesuai. Latihan dan praktik mendorong pembelajaran yang lebih dalam dan tahan lama (Morrison & Lowther, 2010)
- Tawarkan umpan balik yang sering, tepat waktu, dan konstruktif. Peserta didik perlu mengetahui apakah pemikiran mereka berada di jalan yang benar. Mengetahui rincian tentang tanggapan yang benar dan akurat dalam hal bagaimana dan mengapa dapat membantu peserta didik lebih memahami tentang apa yang telah mereka pelajari.
Dirangkum oleh :
Vitho Anugrah Pratomo, S.Pd
PPG PRAJAB IPS Gel 2/2023 Universitas Negeri Padang
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI