Mohon tunggu...
Vitho Anugrah Pratomo
Vitho Anugrah Pratomo Mohon Tunggu... Guru - Guru IPS

Saya adalah guru IPS lulusan S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Saat ini Saya tengah melanjutkan studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Padang. Saya mempunyai hobi dalam mengulik sejarah dan tradisi. Saya berasal dari Pekanbaru Kota Bertuah, Provinsi Riau.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Asesmen sebagai Bukti Pembelajaran

9 Januari 2024   00:02 Diperbarui: 9 Januari 2024   00:07 765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asesmen sebagai 'understanding evidence' yaitu asesmen sebagai salah satu bukti (informasi) untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan. Asesmen sejatinya adalah proses untuk membantu peserta didik dalam meraih pembelajaran yang bermakna & bukan sekedar laporan yang berisi angka dan hasil belajar saja.

Asesmen sebagai proses pengumpulan dan pengolahan terhadap sebuah informasi untuk mengetahui bagaimana kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian daripada hasil belajar. Maka salah satu tujuan dari asesmen ini untuk memantau kualitas pembelajaran. Hasilnya bisa digunakan sebagai umpan balik perbaikan pembelajaran. Umpan balik ini diperuntukkan untuk guru, murid, dan orang tua. Gunanya adalah sebagai panduan dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

Prinsip Asesmen :
1. Asesmen adalah bagian yang tak terpisahkan dari dalam sebuah proses pembelajaran

2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi umpan balik

3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliabel)

4. Asesmen merupakan laporan kemajuan belajar dan pencapaian murid bersifat sederhana dan informatif

5. Hasil asesmen digunakan oleh murid, guru, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran

Ternyata asesmen bukanlah alat utnuk menghasilkan nilai tetapi juga merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan, perkembangan, dan pencapaian belajar murid.


Pemateri :
Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A
Direktur GTK Diknas, Ditjen GTK
Kemendikbud RI

Dirangkum Oleh :
Vitho Anugrah Pratomo, S.Pd
PPG Prajabatan IPS Gel 2/2023 Universitas Negeri Padang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun