Mohon tunggu...
VITALIS Nasrudin
VITALIS Nasrudin Mohon Tunggu... Relawan - Pekerja Sosial

Onekore - Ende Tengah

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Gua Lourdes di Detupau, Wolowaru

25 Maret 2020   22:15 Diperbarui: 25 Maret 2020   22:18 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gua Maria Detupau | Foto Vilan Nasrudin

Semua orang pasti pernah mendengar tentang gua Maria Dikandung Tanpa Noda di Lourdes, Perancis. Gua ini menjadi salah satu wisata rohani internasional yang selalu dipadati oleh banyak peziarah dari berbagai negara di seluruh dunia. 

Satu hal menarik dari tempat rohani ini adalah bahwa di dekat gua ini terdapat satu mata air. Banyak peziarah yang rela datang jauh-jauh hanya karena mau mendapatkan air Lourdes. Ada apa dengan air Lourdes? 

Ada banyak pengalaman iman bahwa orang yang minum air dari gua Lourdes banyak mengalami kesembuhan dari aneka penyakit. Mungkin inikah yang mendorong mereka untuk ke gua Lourdes? Saya tidak tahu. Yang pasti bahwa para peziarah umumnya datang dengan sejumlah harapan dan doa yang dititipkan kepada Bunda Maria. Doa yang lahir dari iman tentu menyelamatkan. 

Saya sendiri tidak pernah ke Lourdes. Tapi saya membayangkan Lourdes di Perancis barangkali sama dengan Lourdes di tempat kami, Detupau. Sebuah kampung cukup jauh (sekitar 8 KM) dari pusat Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, NTT. 

Di sini terdapat sebuah gua Maria. Gua ini dibangun tepat di atas sebuah mata air bersih dan segar. Di depan gua ada sebuah pancuran dan kolam kecil. Setiap kali mengadakan tour ke kampung ini, adalah suatu kewajiban bagi saya untuk minur sebotol air dari gua ini. 

Airnya amat menyejukkan, seperti minum air yang baru diambil dari kulkas. Perjalanan ke kampung indah nan sunyi ini memang melelahkan tapi kelelahan selalu terbayar oleh air yang segar dari Sang Bunda. 

Tampaknya air dari gua Maria Detupau seperti air mineral. Jernih, bersih dan menyejukkan. Tentu ini bisa menyembuhkan kalau kita meminumnya.

Bagi saya, dan mungkin bagi kebanyakan orang, berziarah ke gua Maria Lourdes mungkin hanyalah mimpi yang tak pernah usai. Karena itu, tak perlu ke luar negeri, ke Perancis, Sang Bunda Maria di Gua Maria Detupau pasti akan memberikan air yang menyembuhkan anda. Wassalam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun