Mohon tunggu...
Virra ArthaVeryansyah
Virra ArthaVeryansyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Seseorang yang mencoba untuk mengambil sudut pandang lain

Selanjutnya

Tutup

Diary

Setengah Hari di Sanggar Kabasa Bekasi

28 Juni 2023   14:27 Diperbarui: 28 Juni 2023   14:34 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Selasa, 23 Mei 2023 sanggar kabasa Bekasi - dok. pribadi)

Sanggar Kabasa adalah Sanggar yang terletak di kota bekasi berdiri dari sejak akhir tahun 2012. Sanggar ini di dirikan di lingkungan padat penduduk di dekat terminsl kota Bekasi. Akses yang dapat di lalui ke sanapun hanya dapat di lalui oleh kendaraan roda 2 saja, di karnakan banyak sekali rumah -- rumah yang di bangun berdempetan akibat lahan yang terbatas. Sanggar ini di isi oleh anak-anak kalangan bawah yang mempunyai semangat tinggi untuk belajar.

Selasa, 23 Mei 2023 pukul 12.30 -15.30 wib. Dimana hal yang sangat menyenangkan bagi saya, sebelumnya saya sangat berterima kasih ke dosen saya ibu Elvira salah satu dosen berkompeten di universitas islam 45 Bekasi jawa barat. Berkat beliau lah saya sadar dan di beri kesempatan untuk dapat mengikuti program kemanusiaan tersebut,

Ini adalah momen pertama kali saya mengunjungi sanggar - sanggar yang ada, pengalaman yang sangat berharga dan sebuah momen yang sangat mahal bagi saya. Saya akan menceritakan pengalaman saya saat mengunjungi sanggar pertama kali.

(Selasa, 23 Mei 2023 sanggar kabasa Bekasi - dok. pribadi)
(Selasa, 23 Mei 2023 sanggar kabasa Bekasi - dok. pribadi)

Selasa, 23 mei 2023 bertepatan dengan hari lahir saya ke -19 tahun, saya mendapat hadiah yang sangat berharga yaitu di beri kesempatan untuk dapat berkunjung ke salah satu sanggar yang ada di Kota Bekasi. Untuk dapat sampai ke sana kita perlu melalui beberapa jalan gang sempit pemungkiman warga yang berada di sekitar sanggar kabasa. 

Setelah sampai ke sanggar kami di sambut oleh senyuman dan canda tawa anak-anak sanggar kabasa. Saya pikir akan sulit untuk memulai agenda yang sudah kita buat ternyata sangat mudah apalagi dengan respon adik - adik kita di sanggar kebasa yang luar biasa semangatnya. Rasa nervous kami tentunya semakin terkikis, saya sendiri belajar banyak hal salah satunya saya belajar lagu - lagu serta permainan anak - anak yang saya sendiri tidak tahu dari kecil. 

Kami main berapa permainan yang dapat di lakukan Bersama yaitu ada kotak pos, tebak kata dan beberapa permainan lainnya. Kami juga bernyanyi Bersama di iringi petikan gitar yang indah. Wahh rasanya sangat amat Bahagia, saya sendiri tidak menyangka akan dapat seasik ini. Bahkan adik - adik di sana sangat pintar menyambung surat, tidak ada yang takut sedikitpun. 

Setelah salah satu dari kami membacakan sepotong surat sedetik kemudian mereka langsung berlomba - lomba mengangkat tangan untuk menjawab. Mereka benar - benar luar biasa! Rasanya saya ingin balik lagi ke sana, mereka juga tidak segan untuk menceritakan latar belakang mereka. Saking bahagianya waktu kala itu terasa begitu cepat sehingga kami harus berpamitan pulang. 

Pada saat itu saya bertanya apa yang akan kalian lakukan setelah ini? Lalu mereka menjawab dengan serentak " BERMAIN BOLA KA!" saya Bersama teman - teman saya tertawa menyaksikan itu semua. Saya berterimakasih kepada pemerintah kota Bekasi yang sudah memperhatikan mereka namun tak lupus harapan saya agar pemerintah lebih terus memperhatikan sanggar - sanggar di kota Bekasi khususnya. Mereka memiliki sebuah harapan dan mimpi yang sangat besar. Saya harap anak - anak di luaran sanapum dapat merasakan pendidikan yang layak demi masa depan yang lebih cerah lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun