Ketika saya mendaftarkan diri dalam program BPJS Kesehatan saya mendapatkan penjelasan bahwasannya nanti kartu peserta JKN-KIS akan dikirim ke alamat saya dengan estimasi maksimal 6 hari.Â
Namun, hal tersebut hanyalah bualan semata seperti biasa pelayanan yang ada di Indonesia tidak sesuai dengan yang sudah disampaikan bahkan tidak sesuai dengan aturan. Lantas untuk apa membuat aturan jika tidak bisa dilaksanakan?
Mengecewakan sekali, dua kata yang menggambarkan perasaan saya. Awalnya saya sangat mengapresiasi akan pengiriman kartu peserta ke alamat pengguna karena hal tersebut mampu menunjukkan adanya kemajuan di era digital seperti saat ini. Terlebih hal tersebut mampu mengurangi waktu yang harus saya keluarkan hanya untuk mencetak kartu. Ternyata ekspetktasi saya akan  pelayanan BPJS tidak saya dapatkan.Â
Akhirnya saya mendatangi kantor BPJS untuk mengurus cetak kartu. Disana saya harus mengantri panjang sekali ditambah proses yang harus membutuhkan foto copy KK, sekali lagi saya dikecewakan oleh pelayanan BPJS bagaimana tidak diera semaju ini masih menggunakan foto copy. Kenapa tidak by email saja? selain lebih efisien hal tersebut membantu pengurangan penggunaan kertas.Â
Dari seluruh rasa kecewa yang saya rasakan setidaknya ada pelayanan yang baik dan tempat yang bersih sehingga menunjang kenyamanan masyarakat.Â
Seandainya aturan yang dibuat sendiri oleh pihak BPJS mampu terlaksana maka akan banyak pihak yang terbantu. Saya berharap pemerintah mampu mengatasi hal ini, bukan untuk saya tapi untuk seluruh masyarakat indonesia yang menggunakan layanan BPJSÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H