Adanya wabah pandemi covid-19 tidak menyurutkan para pengusaha maupun wirausaha dalam memasarkan produk yang mereka miliki. Dengan majunya era teknologi seperti sekarang juga dengan berkembangnya media sosial membuat semua orang menjadi lebih cerdas dalam melakukan akses menggunakan internet setiap harinya. Hal ini pastinya juga tidak dilewatkan oleh para usahawan dalam memasarkan produknya.
        Pada saat meluasnya musibah seperti saat ini membuat semua orang yang akan memenuhi kebutuhannya menjadi terhenti karena adanya protokol dari pemerintah untuk tetap berada dirumah. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para pengusaha dengan membuat suatu perantara agar penjual dan pembeli tetap dapat melakukan kegiatan seperti biasa dan dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Salah satunya dengan membangun e-commerce seperti shoppe , Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya. Hal ini membuat keuntungan besar bagi para usahawan yang melakukan wirausaha dibidang manapun.
        Kendala lain juga dirasakan para usahawan dalam memasarkan produknya karena adanya protokol pemerintah yang melarang adanya kerumunan orang. Hal ini juga tidak memutuskan ide para usahawan dalam berwirausaha.Â
Dengan adanya sosial media seperti sekarang muncul lah artis-artis dalam sosial media yang disebut selebgram, selebtok tergantung pada di sosial media mana mereka terkenal.Â
Dengan ini para usahan melakukan teknik pemasaran produk mereka dengan menggunakan endrose produk mereka pada artis tersebut dengan melakukan foto maupun video tentang produk yang dipasarkan di media sosial yang mereka miliki.
        Hal ini pun sangat berpengaruh sekali dan juga dapat menarik perhatian banyak masyarakat untuk membeli produknya. Dan juga dengan semua ini lebih mempermudah masyarakat juga untuk mengetahui suatu produk yang sedang booming dan melakukan transaksi pembeliannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H