Mohon tunggu...
Viona Margaretha
Viona Margaretha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau

Hai! Kenalin aku Viona. Menulis, membaca dan berkomunikasi adalah hal yang paling aku gemari. Senang berkenalan dengan kalian semua. Jangan lupa untuk support artikel ku dengan cara like dan share sweet comment ya. Jangan lupa juga follow IG di @vionamargareth_ . Terimakasih. See you! Happy Reading!^-^

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menghadapi Resesi Ekonomi Global 2023, Apa Sih Peran Negara?

23 Desember 2022   08:30 Diperbarui: 23 Desember 2022   08:33 635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ngehadapi Resesi Ekonomi Global 2023, Apa sih Peran Negara?

Halo gaes mumpung otak gue lagi cemerlang, gue nyempatin nulis buat ngejelasin fenomena yang lu wajib tau. Ya itung-itung bisa sekalian supaya lu pade bisa siap-siapin diri dan juga mental.

Sebagai seorang yang masih usia 20an tahun, gue tergolong orang yang kepo dengan masa depan, gue doyan sama prediksi masa depan. Contohnya aja tentang baca tarot dan zodiak. Tiap kali lewat di FYP gue, gue auto share kemanapun dan dengan bangganya ungkapi ke orang-orang betapa ariesnya gue. Kadang gue juga heran sama kealayan gue tapi ya nyenengin diri gapapa kalik yak hehe. Tapi kali ini gue dikejutkan dengan video yang lewat di fyp gue, yang menurut gue ga masuk akal dan mengundang emosi.

"Indonesia memasuki resesi 2023. Siapkah kamu digoncang kemiskinan?" Buset, highlight videonya benar-benar bikin panick attack. Masa iya sih Indonesia resesi 2023?!Ahk kagak percaya gue, secara kan Indonesia negara kaya, buktinya aja korupsi lancar jaya.

Gue melancarkan aksi gue dengan stalk hingga ke akar-akarnya.TERNYATA HASILLNYAA UNPREDICTABLE BANGETT....

Yang awalnya gue bahagia menyambut 2023 dengan damai sejahtera, tenteram jiwa lahir batin sekarang berubah 180 derajat. Jujurly, setelah liat ini gue jadi takut banget ngehadapi 2023 karna katanya bakal ada resesi 2023?Ada apa dengan resesi 2023?Penasaran?Okey gue spill ya, tapi harus banget sampe akhir biar ga nyesel!

Yaps resesi 2023. Artinya dalam hitungan hari kita akan memasuki tantangan global yang siap menguji kesiapan diri kita, seleksi alam akan dipertontonkan saat itu juga. Siapapun yang tidak mampu bertahan akan 'kehilangan nama' di catatan peristiwa. Mari kita kupas tuntas!

Kalau merujuk KBBI, resesi secara ringkas bermakna kelesuan ekonomi. Tapi secara keseluruhan resesi 2023 bermakna bahwa pada tahun 2023 akan terjadi  pengurangan di sektor ekonomi seperti perdagangan, industri dan usaha kecil hingga menengah secara drastis dalam kurun waktu tertentu alias Indonesia bakal jatuh miskin gaes!Biasanya hal ini ditandai dengan menurunnya penjualan ritel serta Produk Domestik Bruto (PDB).

Resesi ekonomi sangat berdampak buruk bagi negara karena resesi dapat berpotensi untuk meningkatkan angka pengangguran, menekan daya beli masyarakat, menurunkan PDB, impor lebih besar daripada ekspor, bahkan memicu kesenjangan ekonomi dan tingkat kriminalitas mengancam kan melonjak tajam. Resesi bahkan dapat berlangsung selama minimal dua kuartal berturut-turut hingga 18 bulan lamanya.Jadi kebayangkan gimana nasib kita kedepannya?

Eh, ngomong-ngomong soal resesi 2023, ternyata bukan hal yang tabu lagi loh di Indonesia. Faktanya, resesi ekonomi pernah terjadi pada tahun 1998,2008,2013 dan 2020. Tapi yang bikin ga habis pikir, resesi kan udah pernah terjadi nih sebelumnya, tapi kenapa tetap muncul lagi ya?Lantas kok negara seakan menakut-nakuti masyarakat?Bukannya negara harusnya sudah paham taktik jitu ngehadapi resesi berdasarkan pengalaman terdahulu?Op op atau jangan jangan negara mau lepas tangan ya?Hihi.

Jika mengulas ulang kisah lama, terlihat bahwa pemerintahan harus bertanggung jawab terhadap keadaan yang terjadi dimasa mendatang.Ingatkah kamu kalau Indonesia dulu anggap sepele terhadap covid-19 bahkan menganggap guyonan saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun