Mohon tunggu...
Viona Aidila
Viona Aidila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Saya seorang manusia yang menyukai manusia juga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Potensi Penggunaan Viral Marketing untuk Memasarkan Produk Kreatif

21 Juni 2022   23:17 Diperbarui: 21 Juni 2022   23:25 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Munculnya internet telah mendorong metode pemasaran dan periklanan yang baru dan inovatif. Pemasar telah menyadari potensi internet untuk menawarkan kepada mereka bentuk iklan yang sangat murah. Bahwa dengan pertumbuhan dan evolusi internet telah menjadi fenomena dan peluang yang luar biasa bagi pemasar untuk memanfaatkan potensi melalui viral marketing.

Dengan viral marketing ini memungkinkan perusahaan mendistribusikan pesan iklan mereka kepada sekumpulan audiens yang jauh lebih luas dan lebih luas dari sekadar basis data mereka, akan tetapi dengan biaya yang sangat rendah. Informasi yang tersebar dapat secara positif meningkatkan brand awareness pada viral marketing, 

sehingga sebagai pemasar harus fokus pada pengembangan konten pesan dengan menciptakan pandangan bagi pelanggan terkait layanan atau produk yang dipasarkan. Mengirimkan pesan yang memiliki makna mendalam di benak pelanggan membuat mereka lebih mudah mengetahui merek tersebut. 

Untuk mengembangkan pesan iklan yang kreatif, perusahaan harus mengintegrasikan pesan dalam berbagai skenario tetapi tetap memastikan bahwa kontennya disajikan dengan cara yang jelas, ringkas, dan sederhana.

Untuk melakukan kegiatan pemasaran yang akan meningkatkan brand awareness pada pelanggan dengan menggunakan akun yang menggunakan merek sebagai nama untuk membuat pelanggan menyadari keberadaan merek tersebut. Selain itu, pemasar harus mengelola informasi secara menyeluruh tentang apa yang harus diposting dan apa yang dilarang. 

Kemudian perusahaan dapat menggunakan akun tersebut untuk mengirimkan pesan merek, yang menciptakan benih yang tumbuh dan membawa kepercayaan, dorongan untuk bertukar, berbagi, dan akhirnya berubah menjadi tindakan. Fitur luar biasa dari viral marketing adalah pengulangan dan interaksi dua arah, waktu interaksi yang lebih lama bagi pengguna dibandingkan dengan artikel dan gambar biasa.

Selain itu, pengguna tidak terbatas pada jumlah tampilan dan dapat dengan bebas berdiskusi sesuai dengan perasaan pribadi pelanggan. Media sosial yang terhubung ke komunitas besar dan merupakan target yang harus menjadi fokus perusahaan. Perusahaan juga harus memberikan banyak perhatian untuk membangun database pelanggan, meningkatkan interaksi sosial pelanggan untuk iklan, dan meminta tindakan dari pelanggan. 

Tidak seperti saluran tradisional lainnya, perusahaan harus membangun database pelanggan yang terpisah dan hanya menggunakan database ini jika diizinkan oleh pelanggan untuk memastikan informasi pelanggan benar-benar rahasia. 

Tindakan ini membantu perusahaan membangun hubungan yang kuat dan stabil dengan pelanggan mereka. Setelah mencapai basis data pelanggan yang stabil, perusahaan harus fokus pada peningkatan integrasi iklan di media sosial dengan kelompok sasaran untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun