Digital Marketing adalah sebuah proses pemasaran yang menggunakan berbagai macam teknologi digital, seperti internet, media sosial, email dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan pemasaran seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan trafik ke situs web, meningkatkan konversi dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan Digital Marketing penting bagi UMKM untuk meningkatkan target penjualan dan pemasaran produk atau jasa UMKM dengan biaya yang lebih efisien dan efektif. Digital Marketing memungkinkan UMKM untuk meningkatkan brand awarness dan meningkatkan trafik ke situs web dan meningkatkan visibilitas UMKM. Semakin meluasnya virus covid-19 menyebabkan mobilitas orang-orang semakin terbatas sehingga lebih banyak menghabiskan waktu dirumah. Agar tetap bisa melakukan kegiatan pemasaran, paling ampuh dengan menggunakan media sosial. Bukan tidak mungkin digital marketing menjadi andalan bagi para pelaku bisnis baik perusahaan maupun UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan kondisi seperti saat ini. Ada banyak keuntungan digital marketing bagi bisnis dari UMKM hingga tingkat perusahaan tidak sedikit yang menggeser periklanan konvensional mereka ke digital marketing ini.
UMKM adalah salah satu sektor yang paling terdampak covid-19. Dengan adanya batasan untuk beraktifitas secara langsung mengakibatkan pelaku UMKM kesulitan dalam menjual produk mereka dan menyebabkan penurunan pendapatan. UMKM harus mengerti digital marketing karena sangat penting bagi pertumbuhan UMKM itu sendiri sekarang sudah memasuki era digitalisasi. Dilihat dari tahun 2020 sampai 2022 yang terjadi dalam usaha offline banyak yang gulung tikar karena kejadian Covid, mau tidak mau semua masyarakat dipaksa untuk mendigitalisasi segala bentuk usaha sudah menjadi kemutllakan untuk memulai bisnis dengan cara mendigitalisasi usaha walaupun ada beberapa usaha offline memang tidak bisa digitalkan seperti rumah makan, restoran,menonton bioskop dan beberapa usaha yang memang tidak bisa digitalkan.Oleh karena itu,UMKM perlu memanfaatkan teknologi digital untuk menjual produk mereka.
Digital Marketing sangat penting bagi UMKM karena memberikan beberapa keuntungan yang tidak dapat dicapai melalui pasar tradisional contohnya :
1. Biasanya lebih rendah,Digital Marketing memungkinkan UMKM untuk mengelola pemasaran dengan biaya yang lebih.
2. Mengukur hasil yang lebih akurat, Â Digital Marketing memungkinkan UMKM untuk mengukur hasil yang diperoleh dari upaya pemasaran dengan lebih akurat melalui tools seperti Google Analytics.
3. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan,Digital Marketing memungkinkan UMKM untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial seperti WA,IG, dan TIKTOK.
Salah satu manfaat digital marketing yang paling banyak disukai yaitu dari segi budget memang lebih hemat. Karena sarana promosi menggunakan media digital jadi tidak perlu lagi repot mencetak brosur. Tidak perlu lagi membuat spanduk cukup memanfaatkan media digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H