Mohon tunggu...
Violetta Handoyo
Violetta Handoyo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Perempuan

Saya sangat tertarik dalam bidang writer, dan saya baru pemula. Hobi saya menulis cerita, puisi, dan juga artikel gaya hidup dan travelling.

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengaruh Perkembangan Teknologi di Era VUCA terhadap UMKM dan JNE!

15 Desember 2021   11:56 Diperbarui: 15 Desember 2021   12:01 573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pandemi mengubah gaya hidup untuk bekerja dan belajar mengajar secara drastis semua dilakukan secara online. Pandemi juga sempat membuat para pengusaha UMKM terperosok akibat pembatasan wilayah yang terjadi diseluruh dunia. Hal ini membuat para UMKM sempat pusing dalam mengatasi perputaran keuangan mereka. 

Banyak dari kita yang mengalami pemutusan hubungan tenaga kerja, namun disisi lain kita juga dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Masyarakat harus lebih kreatif dalam mendongkrak roda perekonomian negara. Seiring berjalannya waktu di perkembangan bisnis di ERA VUCA (Votalitas, Uncertain, Complexicity, dan Amibiguity) yang serba cepat dan tidak teratur ini menuntut kita untuk terus dapat mempertahankan bisnis dan lebih tangguh dalam menghadapi perubahan.

Hal ini tentu saja dampaknya sangat terasa pada UMKM. Namun perkembangan teknologi yang cepat ini juga membawa dampak yang baik bagi pemulihan perekoniam UMKM khususnya di Indonesia. Walau adanya pembatasan pertemuan tatap muka, dan kerumunan masa dalam melakukan transaksi jual beli tentu bukan menjadi penghalang bagi masyarakat. Walau diawal perubahan sempat mengeluh karena adaptasi yang rumit, dan cenderung susah terutama bagi kaum lansia, tapi sekarang masyarakat sudah mulai menjadi terbiasa dengan perubahan yang ada. 

Pandemi juga tidak hanya mengubah gaya hidup dari pekerjaan atau sistem pembelajaran saja tetapi sampai pada sistem berbelanja. Sistem berbelanja sekarang dimudahkan melalui online shop di sosial media maupun marketplace lainnya. Banyak dari kita yang tentunya sudah merasakan manfaat kemudahan dalam bertransaksi secara online. Kita juga tidak perlu khawatir untuk terkena virus ini karena melakukan pembelanjaan secara online.

JNE sendiri merupakan salah satu ekspedisi yang terbilang maju, saya sendiri sering menggunakan ekspedisi JNE karena keamanannya dalam pengiriman paket sungguh terjaga dengan baik dan juga cepat. Saya saat ini berada di suatu kota kecil di Jawa Tengah sebelumnya untuk pengiriman dokumen ataupun paket lainnya hanya ada kantor pos saja. 

Lambat laun JNE mulai berkembang, awalnya saya ragu untuk menggunakan ekspidisi yang dahulu belum begitu terkenal seperti sekarang. Lalu saya memberanikan diri untuk menggunakan ekspedisi JNE, terlebih agen JNE sudah tersebar dibanyak tempat, dan dekat dengan tempat tinggal saya. Harga yang terjangkau dan kecepatan layanan menjadi prioritas saya dalam memilih JNE. Saya sendiri sampai saat ini juga masih menggunakan ekspedisi JNE untuk mempermudah penjualan online shop saya, dan saat melakukan pembelian barang. Saya memilih JNE karena keamanannya dan pelayanannya sangat baik. 

JNE adalah perusahaan ekspedisi pertama yang saya ketahui dan bisa menjangkau wilayah saya pada waktu dulu. Selama 31 tahun ini JNE sudah setia untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, selalu inovatif, dan kreatif. Saya sungguh berterimakasih kepada JNE. UMKM pun tidak perlu repot lagi dalam pengiriman.

Saat ini JNE berulangtahun yang 31 tahun, JNE juga turut serta dalam membangkitkan perekonomian UMKM untuk lebih produktif lagi. Salah satu program yang diberikan JNE yaitu JLC (JNE Loyalty Card) JLC sendiri adalah sebuah program keanggotaan yang diberikan kepada pelanggan setia JNE yang mana pemegang JLC ini akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk berbelanja dari rumah, hal ini juga lebih dipermudah lagi dapat juga berbelanja sambil rebahan. Tidak hanya itu keuntungan konsumen yang bisa didapatkan seperti kecepatan pengiriman, potongan harga, juga give away yang memikat hati.

Tentu hal ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dari pelaku UMKM. Teman-teman saya juga sudah pernah merasakan manfaatnya, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas dari pengiriman dan program JNE. Ayo kita bangkit dan terus dukung perkembangan UMKM di Indonesia bersama JNE.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun