Mohon tunggu...
Viola SukmaDewi
Viola SukmaDewi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lean Manufacturing

Jangan Lupa bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mie Gacoan Menaklukan Pasar dengan Kreativitas

30 Maret 2023   21:24 Diperbarui: 30 Maret 2023   21:35 788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mie gacoan merupan restaurant mie yang sedang naik daun di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Mie gacoan berhasil menaklukkan pasar dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Nama mie yang menarik dan rasa pedas yang menjadi ciri khas mie gacoan juga menu yang beragam selalu menjadi daya tarik bagi konsument. Sebagai salah satu restaurant mie pedas terbesar di Indonesia, Mie Gacoan yang patut menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha lainnya. Kali ini, kita kan membahas mengenai marketing strategy yang dilakukan oleh Mie Gacoan.

  • Variasi menu yang beragam

Salah satu strategi pemasaran Mie Gacoan adalah dengan menawarkan variasi makanan yang beragam. Tidak hanya dalam bentuk mie pedas gurih dan mie pedas mani, restaurant ini juga menjual banyak toping. Mulai dari udang rambutan,udang keju, dimsum pangsit dan masih banyak lagi. Selain menu makanan yang menarik, Mie gacoan juga memiliki menu minuman dengan nama yang unik dan menarik

  • Smart Branding dengan segmentation yang tepat 

Mie Gacoan memilki target pasat utama di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Untuk mencapai target segmentation yang tepat mie gacoan memiliki ciri khas yang sama dimulai dari logo, bentuk outlet, setting layout pada setiap outletnya dan memberikan sentuhan berbeda pada menu-menu yang di sajikan. Dalam hal ini, mie gacoan telah menanamkan brand image yang kuat disbanding competitor yang lain. Selain itu, harga yang terjangkau dan sesuai dengan segmentasinya membuat mie gacoan berhasil mengcapai target pemasarannya.

  • Menggunakan Strategi Psikologi Marketing FOMO

Salah satu strategy marketing yang dilakukan oleh mie gacoan juga adalah strategy phisikology FOMO (Fear of Missing Out). Dengan Strategy tersebut, Mie gacoan berhasil membuat setiap outlet yang dimiliki ramai dan memiliki antrian yang sangat panjang. Tentu saja, antrian ini membuat orang-orang penasaran dan ingin mencoba product tersebut. Selain itu, dengan semakin banyaknya outlet yang tersebar di kota kota besar membuat pelanggan semakin penasaran. Para pelanggan akan memilki rasa penasaran terhadapt product yang di jual di setiap outlet nya, apakah rasa dan qualitas yang di miliki sama dengan outlet yang mereka coba sebelumnya.

  • Substitute Brand yang Sedikit

Saat ini, restaurant mie pedas di indonesia masih terbatas dengan sekala pemasaran yang masih kecil membuat Mie Gacoan menjadi market leader mie pedas di indonesia. Hal tersebut memberikan effect positif pada brand Mie gacoan yang menjadi top of mind di kalangan masyarakat. Hal tersebut juga, yang membuat setiap kali pembukaan cabang mie gacoan selalu ramai, karena masyarakat sudah percaya dan penasaran dengan rasa Mie Gacoan sendiri

Strategy pemasaran yang dilakukan Mie Gacoan yang telah berhasil menciptakan brand recognition dan menjadikan Mie Gacoan sebagai restaurant mie pedas terpopuler di Indonesia. Kreativitas dan inovasi yang dilakukan merupakan kunci kesuksesan dari Mie gacoan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun