Mie gacoan merupan restaurant mie yang sedang naik daun di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Mie gacoan berhasil menaklukkan pasar dengan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Nama mie yang menarik dan rasa pedas yang menjadi ciri khas mie gacoan juga menu yang beragam selalu menjadi daya tarik bagi konsument. Sebagai salah satu restaurant mie pedas terbesar di Indonesia, Mie Gacoan yang patut menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha lainnya. Kali ini, kita kan membahas mengenai marketing strategy yang dilakukan oleh Mie Gacoan.
- Variasi menu yang beragam
Salah satu strategi pemasaran Mie Gacoan adalah dengan menawarkan variasi makanan yang beragam. Tidak hanya dalam bentuk mie pedas gurih dan mie pedas mani, restaurant ini juga menjual banyak toping. Mulai dari udang rambutan,udang keju, dimsum pangsit dan masih banyak lagi. Selain menu makanan yang menarik, Mie gacoan juga memiliki menu minuman dengan nama yang unik dan menarik
- Smart Branding dengan segmentation yang tepatÂ
Mie Gacoan memilki target pasat utama di kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Untuk mencapai target segmentation yang tepat mie gacoan memiliki ciri khas yang sama dimulai dari logo, bentuk outlet, setting layout pada setiap outletnya dan memberikan sentuhan berbeda pada menu-menu yang di sajikan. Dalam hal ini, mie gacoan telah menanamkan brand image yang kuat disbanding competitor yang lain. Selain itu, harga yang terjangkau dan sesuai dengan segmentasinya membuat mie gacoan berhasil mengcapai target pemasarannya.
- Menggunakan Strategi Psikologi Marketing FOMO
Salah satu strategy marketing yang dilakukan oleh mie gacoan juga adalah strategy phisikology FOMO (Fear of Missing Out). Dengan Strategy tersebut, Mie gacoan berhasil membuat setiap outlet yang dimiliki ramai dan memiliki antrian yang sangat panjang. Tentu saja, antrian ini membuat orang-orang penasaran dan ingin mencoba product tersebut. Selain itu, dengan semakin banyaknya outlet yang tersebar di kota kota besar membuat pelanggan semakin penasaran. Para pelanggan akan memilki rasa penasaran terhadapt product yang di jual di setiap outlet nya, apakah rasa dan qualitas yang di miliki sama dengan outlet yang mereka coba sebelumnya.
- Substitute Brand yang Sedikit
Saat ini, restaurant mie pedas di indonesia masih terbatas dengan sekala pemasaran yang masih kecil membuat Mie Gacoan menjadi market leader mie pedas di indonesia. Hal tersebut memberikan effect positif pada brand Mie gacoan yang menjadi top of mind di kalangan masyarakat. Hal tersebut juga, yang membuat setiap kali pembukaan cabang mie gacoan selalu ramai, karena masyarakat sudah percaya dan penasaran dengan rasa Mie Gacoan sendiri
Strategy pemasaran yang dilakukan Mie Gacoan yang telah berhasil menciptakan brand recognition dan menjadikan Mie Gacoan sebagai restaurant mie pedas terpopuler di Indonesia. Kreativitas dan inovasi yang dilakukan merupakan kunci kesuksesan dari Mie gacoan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H