Dalam era yang serba digital ini, adanya digitalisasi membuat gaya hidup orang-orang berubah. Salah satunya dalam bidang pemasaran, dalam pemasaran suatu produk atau bisnis dapat ditingkatkan dengan digital marketing. Ddigital marketing adalah sebuah metode pemasaran melalui media internet, dengan menggunakan digital marketing jangkauan pemasaram menjadi lebih luas.
Perubahan gaya hidup yang terjadi pada era serba digital ini dibuktikan dengan kebiasaan beerbelanja, terutama kegiatan belanja online. Hal ini membuat penjualan di pasar offline menurun, dan membuat setidaknya beberapa pasar offline sepi pembeli, oleh karena itu banyak penjual beralih menjual dagangannya secara online. Banyak dari mereka sudah mengenal apa itu digital marketing yang membuat penjualan mereka bias meningkat secara drastis.
Penjualan melalui digital marketing memiliki jangkauan yang luas, digital marketing memungkinkan bisnis atau produk mencapai audiens yang lebih luas secara global. Dengan berbagai platform online seperti sosial media, iklan pencarian, dan email marketing. Penjual dapat menjangkau berbagai kalangan pembeli di berbagai wilayah tanpa batasan jarak. Namun digital marketing juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah persaingan yang ketat antar penjual yang lain, dan harus memiliki pengalaman atau kemampuan di bidang tertentu. Namun itu tidak menjadi sebuah alasan untuk tidak mencoba menggunakan digital marketing dalam mempromosikan sebuah usaha.
Para penjual offline yang dahulu sepi pembeli sekarang bisa beralih menjual dagangannya secara online dan memasarkan dagangannya dengan bantuan digital marketing. Oleh sebab itu digital marketing sangat dibutuhkan pada era sekarang untuk membantu meningkatkan penjualan para penjual yang ingin berdagang secara online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H