Mohon tunggu...
Patricia Viona Christanto
Patricia Viona Christanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Expo Ecomart UAJY 2024: Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

18 Mei 2024   23:56 Diperbarui: 19 Mei 2024   00:05 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Situasi Expo Ecomart UAJY 2024. Sumber: Dokumen Pribadi

Pada tanggal 13 sampai 14 Mei 2024 di Lobby Gedung Bonaventura Kampus 3, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, diadakan Expo Ecomart UAJY 2024 yang diselenggarakan oleh ketua pelaksana Ecomart tahun 2022 dan 2023 serta seluruh mahasiswa kelas Kewirausahaan J. Expo ini memiliki tema “Diversity” dengan mengusung konsep Pasar Kangen Yogyakarta dan menyatukan dua aspek nilai yang berdasarkan pada nilai pendidikan yang terjunjung tinggi pada Tri Dharma, yaitu studi ekonomi bisnis dan menekankan pada rasa dan karsa dalam budaya. Tujuan dari Expo Ecomart UAJY 2024 ini adalah mempromosikan produk berkelanjutan, mengenalkan citra usaha, membangun dan memperluas jaringan, pembentukan inovasi dan inspirasi, serta membantu sesama yang membutuhkan dengan melakukan charity.

Proses persiapan Expo dimulai dari minggu ke dua pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan. Langkah pertamanya adalah dengan membagi divisi dan menjelaskan job description-nya masing-masing. Pada minggu berikutnya, memberikan penjelasan target, range pasar, dan penempatan lokasi tenant

Proses selanjutnya adalah membuat proposal kegiatan serta mencari peserta Expo Ecomart UAJY 2024 ini. Cara panitia untuk mempromosikan dan mendapatkan sponsor untuk Expo ini adalah melalui media partner dan dibantu oleh asisten dosen kelas Kewirausahaan J dalam mencari sponsor. 

Waktu yang diperlukan sepanjang proses ini adalah sekitar dua sampai tiga bulan dengan melibatkan ketua pelaksana Ecomart tahun 2022 dan 2023, dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan J, asisten dosen, serta seluruh mahasiswa di kelas Kewirausahaan J. Di lain sisi, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh para panitia penyelenggara Expo ini. “Tantangan terbesarnya adalah mencari peserta tenant karena yang awalnya target kami ada di kisaran 50 sampai 60 berubah menjadi 30 sampai 35 tenant. Selain itu, adanya komunikasi yang tidak intens sehingga sering terjadi misscommunication,” kata Mitha selaku panitia Expo Ecomart UAJY 2024 sekaligus mahasiswa kelas Kewirausahaan J.

Mitha, panitia Expo Ecomart UAJY 2024. Sumber: Dokumen Pribadi
Mitha, panitia Expo Ecomart UAJY 2024. Sumber: Dokumen Pribadi

Expo yang dihadiri oleh 32 peserta ini terdapat beberapa segmen acara, yaitu promosi, games, dan pembagian hadiah untuk stand pemenang. Tidak hanya mahasiswa dan publik, tetapi juga terdapat tamu spesial yang menghadiri Expo ini, yaitu para alumni UAJY yang ikut mendirikan stand serta beberapa UMKM bimbingan UAJY.

 “Kami membuka pendaftaran dengan harga terjangkau sehingga banyak peserta dengan berbagai macam produk yang dijualnya mendaftar, bahkan kami menerima satu bisnis nonprofit (kampanye) untuk mendirikan stand di Ecomart 2024,” ujar Mitha. Ia juga menambahkan bahwa manfaat yang dapat ia peroleh dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan kerja sama tim, menambah relasi dan pengalaman, serta melatih soft skill dan hard skill yang dimiliki.

Salah satu peserta yang ikut memeriahkan Expo ini adalah Keburu Snack yang menjual Cheetoslocos, yaitu snack Cheetos dan Happytos yang dipadukan dengan olahan daging ayam giling, jagung, serta berbagai macam saus. Bisnis Keburu Snack yang menjual Cheetoslocos ini lahir dari trend makanan viral di media sosial selama pandemi COVID-19 yang didirikan oleh mahasiswa UAJY semester enam bernama Andre dan Bryan. 

Expo Ecomart 2024 yang bertema "Pasar Kangen" menyediakan platform ideal untuk memperkenalkan inovasi kuliner ini dalam konteks budaya yang akrab dan menarik bagi pengunjung. Tema tradisional ini memberikan suasana nostalgia yang dapat memikat pengunjung sekaligus memungkinkan Keburu Snack untuk memposisikan produk mereka sebagai camilan modern dengan sentuhan lokal.

Stand Keburu Snack (Bryan dan Andre). Sumber: Dokumen Pribadi
Stand Keburu Snack (Bryan dan Andre). Sumber: Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun