Mohon tunggu...
Vincentia Devika Sekar
Vincentia Devika Sekar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2021

Saya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aqua Gencarkan Kampanye #BijakBerplastik

14 Oktober 2024   01:52 Diperbarui: 14 Oktober 2024   04:46 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kampanye #BijakBerplastik yang dibuat oleh Aqua merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh Danone Aqua dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat serta sebuah ajakan dalam penggunaan plastik dengan penuh tanggung jawab. 

Kampanye ini memiliki tujuan untuk mengurangi dampak negatif dari sampah plastik terhadap lingkungan, khususnya lingkungan lautan. Kampanye ini juga untuk mendorong masyarakat agar terlibat dalam upaya pengelolaan sampah plastik secara berkelanjutan. 

Kampanye ini gencar di media sosial dengan menggunakan hashtag #BijakBerplastik, yang mengundang masyarakat untuk berbagi pengalaman dan tindakan nyata dalam penggunaan plastik yang lebih bijak. Konten-konten yang dibagikan terutama bertujuan untuk memberikan edukasi, seperti panduan mendaur ulang plastik dan mengungkapkan dampak negatif dari penggunaan plastik sekali pakai terhadap lingkungan. 

Aqua turut menggandeng komunitas, organisasi lingkungan, sekolah, dan pemerintah untuk menyebarkan edukasi kepada masyarakat tentang cara mengelola sampah plastik dengan baik. 

Melalui inisiatif seperti mendirikan bank sampah dan program edukasi di sekolah, Aqua ingin membantu masyarakat memahami secara langsung betapa pentingnya pengelolaan sampah plastik yang bertanggung jawab. elain mengurangi plastik pada kemasan mereka, Aqua juga memperkenalkan produk botol yang dapat sepenuhnya didaur ulang, berkomitmen untuk beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan. 

Kampanye ini menggunakan tiga elemen utama retorika yaitu ethos, pathos, dan logos untuk mengajak masyarakat lebih bijak dalam menggunakan plastik.

  • Ethos (Kredibilitas)

Sebagai merek air mineral yang sudah dikenal luas di Indonesia, Aqua memiliki reputasi yang kuat dalam hal produk yang terkait dengan air dan lingkungan. Selain itu, Aqua bekerja sama dengan berbagai lembaga lingkungan seperti WWF, Waste4Change, serta komunitas lokal yang peduli pada isu sampah plastik. 

Ini semakin memperkuat kepercayaan publik terhadap pesan yang disampaikan. Dengan mengambil langkah nyata, seperti menyediakan botol yang 100% bisa didaur ulang dan fasilitas daur ulang, Aqua menegaskan komitmen mereka sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan.

  • Pathos (Emosi)

Kampanye ini sangat mengandalkan emosi untuk menyentuh hati masyarakat, terutama dengan memunculkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan dan masa depan anak-anak. Lewat video dan poster, kampanye ini menampilkan gambaran tentang bagaimana sampah plastik mencemari lautan, membahayakan hewan, serta mengancam kehidupan anak-anak di masa depan. 

Dengan menggunakan visualisasi anak-anak sebagai simbol masa depan, kampanye ini menciptakan rasa urgensi dan perasaan bersalah, mendorong orang-orang untuk lebih peduli dan mengambil tindakan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

  • Logos (Fakta)

Aqua juga menyampaikan kampanye ini dengan cara yang rasional, melalui data dan fakta mengenai dampak sampah plastik terhadap lingkungan. Mereka menampilkan statistik yang memperlihatkan peningkatan polusi plastik di laut dan menjelaskan pentingnya mendaur ulang sebagai solusi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun