Mohon tunggu...
Vincent_040
Vincent_040 Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Bisnis Kuliner dalam Jaringan/Online

21 September 2015   02:23 Diperbarui: 21 September 2015   02:41 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Gambar: Moinblog.com"][/caption]Blog merupakan suatu media di internet yang didalamnya berisi catatan pribadi yang bisa digunakan oleh semua pengguna internet. Pada dasarnya, Blog  juga merupakan sebuah media berbagi informasi yang mudah dan gratis. Terkadang, blogger juga memuat naksah ataupun gambar yang biasa disebut dengan sebuah posting-an.

Blog pertama kali dapat kita lihat di halaman  What’s new pada browser mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen  di tahun 1993. Nah, kita juga harus tahu bahwa sebelum adanya Internet Explore adalah browser Mosaic , Hingga pada tahun 1998 jumlah blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal disebabkan karena  pada waktu itu dibutuhkan keahlian dan pengetahuan kusus tentang cara membuat website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog. Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah We-Blog yang pada akhirnya hanya disebut Blog saja.

Masih di tahun yang sama 1999, sebuah perusahaan silicon Valley meluncurkan layanan Blogger.com, oleh Pyra Labs. Kemudian, pada 2003, Blog diakusisi oleh Google. Akibatnya, sejumlah fitur  di blog yang sebelumnya dikomersilkan Pyra Labs, menjadi sebuah layanan yang gratis sepenuhnya.

Pada 2004, google juga  membeli picasa dan mengintergrasikannya dengan blog. Pengguna picasa dapat mempublikasikan koleksi foto ke situs blognya. kemudian, pada  9 mei 2004, blog memunculkan  beberapa inovasi besar pada sistem publikasinya, dengan menambahkan fitur fitur seperti templat yang memenuhi standar web, sepeti halaman arsip individual untuk masing masing posting-an dan komentar, serta fitur posting juga dapat dilakukan lewat email.

Seiring berjalannya perkembangan teknologi komunikasi blog pun semakain banyak inovasi nya. Seperti saat ini, melakukan sebuah postingan makanan lewat Blog, ,

Nah sekarang kita masuk ke food blogger nya food blogger sendiri memliki arti berbagi postingan makanan melalui blog , dan menurut si penulis arikel ini . ini adalah sebuah kebiasaan dimana sesorang dapat menjadikan peluang bisnis yang menjajikan, dengan kecanggihan alat komnikasi kita bisa memposting makanan dengan berbagai resep dan konsep yang menarik seperti yang ada dibawah ini,

Jadi, blog merupakan salah satu media dimana user internet bisa mendapatkan informasi secara mudah, dan food blogger seringnya memprioritaskan foto atau gambar yang asli dan jelas walaupun demikian isi dan kontennya sangat menarik, dimana pembahasannya cukup lengkap tentang resep dan cara pembuatannya pula.makanan yang diposting juga tidak hanya makanan luar negeri tetapi makanan dalam nengeri pun ikut diprioritaskan, media foodblogger ini pun juga dirasa dapat menggugah pasaran atau penjualan online dalam teori komunikasi yaitu  teori uses and gratification (dalam West dan Turner, 2008:99-111) yang menjelaskan bahwa, dimana publik akan memilih sendiri mana media yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti Food blogger yang kita ketahui untuk memposting makanan makanan yang beragam dan praktis, maka public sendiri yang akan memilih media mana yang menurut mereka sesuai dengan keinginan mereka, mengapa demikian? Karena pada dasarnya masyarakat indonesia adalah masyarakat pengguna internet terbanyak jadi secara tidak langsung blog pun pasti akan menjadi pemuas mereka terlebih para pecinta kuliner maupun owner kuliner pada foodblogger.

Dan terlebih mereka yang dapat memanfaatkan peluang ini, akan mengahasilkan keuntungan, seperti dengan menjual makanannya melalui postingan blogger dengan menawarkan harga makanan, lokasi, dan delivery, bagi konsumen yang gila akan kuliner online pasti akan memfollow atau memburu akun akun foodblogger ataupun  yang terdapat jenis makanan praktis dan terlihat menarik.

Dan teori uses and gratification  melihat bahwa peran media kususnya media internet (blogger) mempunyai pengaruh terbatas karena pengguna mampu memilih dan mengendalikannya. Serta didalam teori ini juga dipahami sebagaimana  agar public sendiri bersifat aktif untuk menentukan kepuasan dalam dirinya, dan keaktifan public sendiri sering  bervariasi sesuai dengan waktu dan jenis isi nya. Jadi intinya pada semua  blogger akan berguna apabila sang public dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka dan menjadi alat pemuas bagi diri mereka .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun