Sumber : http://www.embien.com/images/synopsis/multimedia.jpg
Multimedia adalah gabungan atau kombinasi dari teks, suara, gambar, animasi, audio dan video. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia mampu mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Dalam jurnalistik, konsep multimedia adalah cara baru media untuk menyajikan informasi untuk masyarakat lewat berbagai cara, seperti website, tulisan, musik, gambar bergerak, grafik, animasi, serta termasuk elemen-elemen bersifat interaktif dan hipertekstual (Deuze, 2004:140).
Pentingnya Multimedia
Multimedia tidak hanya sebagai hiburan saja, melainkan dibutuhkan untuk mempermudah dalam hal komunikasi. Selain itu Multimedia juga menjadi alat yang digunakan untuk berkomunikasi, berekspresi, dan bersosialisasi melalui multimedia. Gadget adalah salah satu contoh dari multimedia yang tidak akan pernah lepas dari genggaman, terutama bagi kaum muda yang gemar menggunakan gadget dalam keadaan apapun.Multimedia yang terdiri dari Internet, Media,Telekomunikasi, dan Entertainment sudah tersedia dalam banyak perangkat dan aplikasi. Contoh perangkat multimedia adalah smart tv, tab, laptop, smartphone, dan lain-lain. Sedangkan contoh dari aplikasi multimedia diantaranya Broadcast Player (firstmedia, indovision), internet player (yahoo, msn), mobile operator (indosat, telkomsel, XL), serta ada juga ISP danVoIP (skype).
Multimedia memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang, seperti bidang pendidikan, bidang industri, dan bidang kesehatan. Baik untuk pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya. Beberapa contoh kegunaan multimedia:
1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2. Bidang industri, seperti dalam pembuatan prototype cara kerja mesin.
3. Bidang kesehatan, seperti dalam penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat.
4. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
5. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif, dan lain-lain.
Â
Efek dari Multimedia
Multimedia juga mampu mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.Multimedia mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com. Multimedia mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Penggunaan teknologi multimedia akan sangat membantu dalam upaya meningkatkan motivasi, eksplorasi dan peningkatan materi ataupun kurikulum. Aplikasi teknologi multimedia dapat berupa tutorial, simulasi, virtualisasi dan semuanya yang dianggap sebagai penunjang untuk mempermudah mendapatkan informasi, transmisi, analisis data dan pengerjaan tugas rutin secara otomatis.
Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi, penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa indera penting manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam. Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, Internet telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televise sehingga kita dapat menonton televisi tanpa membayar. Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.
Ragam Jenis Multimedia
Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Bentuk pemanfaatan model-model multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat berupa drill, tutorial, simulation dan games.
Industri kreatif menjadi salah satu bidang yang bisa dijadikan wadah untuk menerapkan konsep multimedia. Seni, dunia hiburan, bahkan hingga jurnalistik. Masyarakat yang bekerja di industri kreatif bisa mengembangkan apa yang menjadi skillnya secara teknis yang kemudian akan dianalisis agar bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif.
Aspek multimedia yang dimiliki komputer dapat memberikan rangsangan atau stimulus dalam belajar. Perubahan suasana dalam proses pembelajaran seperti adanya animasi gambar yang menarik dan mengarah pada mata, serta iringan musik yang menyertai gambar-gambar diharapkan dapat dijadikan alternatif untuk membuat mahasiswa lebih termotivasi untuk berkonsentrasi dalam belajar.Proses pembelajaran dosen memberikan materi didukung dengan perangkat multimedia, maka sangat memungkinkan ingatan para mahasiswa akan lebih lama dan memahami materi-materi yang telah diajarkan oleh dosen.
DAFTAR PUSTAKA :
http://www.kajianpustaka.com/2013/02/multimedia-dalam-pembelajaran.html
 Deuze, Mark. 2004. "What is Multimedia Journalism?," Journalism Studies, Volume 5, Number 2, hlm. 139-152
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H