Aplikasi UTABI (Ular Tangga Biologi) Dalam Penguatan Konsep Reproduksi Virus
Kegiatan pembelajaran menggunakan UTABI ini dilaksanakan pada hari Rabu 2 November 2022 di kelas X-6 SMA Negeri 2 Subang. Kegiatan ini diobservasi langsung oleh bapak kepala sekolah SMA Negeri 2 Subang dan Wakasek Kurikulum serta beberapa orang observer.
Mengapa UTABI?
- Reproduksi Virus merupakan materi yang dianggap sulit bagi sebagian besar peserta didik kelas X. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik maka saya mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga atau UTABI (Ular Tangga Biologi).
- Â Kurangnya kerja sama antar peserta didik.
- Adanya aktivitas peserta didik yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran, misalnya bermain hp.
Apa Tujuan UTABI?
- Memudahkan peserta didik dalam menguasai konsep reproduksi virus.
- Meningkatkan motivasi dan kerja sama antar peserta didik.
- Mengurangi aktivitas peserta didik yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran.
Tentunya peserta didik akan merasa bosan jika pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ceramah saja. Maka kita sebagai guru hendaknya menggunakan beberapa metode pembelajaran yang bervariasi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Ular Tangga Biologi. Dalam pelaksanannya guru harus membuat beberapa pertanyaan terlebih dahulu terkait dengan materi reproduksi virus.
Sebelum peserta didik melaksanakan permainan ular tangga, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:
- Pembagian kelompok yang merata sehingga tidak ada kelompok yang mendominasi
- Menentukan leader yang akan memainkan ular tangga
Adapun dalam pelaksanaannya ada beberapa langkah yaitu:
- Peserta didik yang berperan sebagai leader akan maju di papan UTABI
- Setiap leader diberikan kesempatan untuk melempar dadu
- Setiap lemparan dadu akan diberikan pertanyaan terkait dengan materi reproduksi virus
- Setiap pertanyaan akan diberikan waktu 30 detik
- Jika leader tidak bisa menjawab, maka bisa dibantu oleh anggota kelompoknya
- Setiap pertanyaan yang terjawab akan diberikan nilai 100
- Setiap jawaban benar, maka leader diberikan kesempatan untuk melempar dadu kembali
- Leader yang lebih dahulu mencapai puncak maka dialah pemenangnya