Mohon tunggu...
Vina Fahira
Vina Fahira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN-T UPI 2022: Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Digital (Canva)

12 Agustus 2022   16:23 Diperbarui: 2 September 2022   17:31 299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumen pribadi - Kegiatan praktek mendesain PPT dengan Canva/Dokumentasi pribadi

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan kembali Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGs dan MBKM yang berlangsung pada Juli 2022 - Agustus 2022. KKN Tematik Tahun 2022 ini diikuti oleh 7.089 mahasiswa UPI yang dikelompokkan ke dalam 241 kelompok sesuai dengan domisili masing-masing.

Kelompok KKN UPI 108 dibawah bimbingan bapak Ace Iwan Suryawan, M.Hum, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ini dibagi menjadi 7 kelompok kecil yang melaksanakan KKN di lokasi Mustika Jaya, Cimuning, Kaliabang Tengah, dan Jatiluhur dengan beberapa program kerja yang bermacam-macam.

Mahasiswa KKN UPI 108 kelompok kecil 7 melaksanakan sebuah program kerja berupa pelatihan media pembelajaran digital berupa media Canva kepada siswa kelas XII TKJ 2 di SMKN 3 Kota Bekasi, Mustika Jaya. Upaya kegiatan pelatihan ini agar para peserta didik mampu meningkatkan daya pikir kreativitas dalam menciptakan media pembelajaran yang menyenangkan dan menumbuhkan keterampilan berkreasi dalam mendesain sesuatu dengan memanfaatkan teknologi digital yang telah meluas saat ini, karena dilihat rendahnya kompetensi siswa dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital di sekolah. Pelatihan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan pada kelas yang sama.

dokumen pribadi - Kegiatan praktek mendesain PPT dengan Canva/Dokumentasi pribadi
dokumen pribadi - Kegiatan praktek mendesain PPT dengan Canva/Dokumentasi pribadi

Kamis (28/07/2022), dilaksanakan pelatihan media pembelajaran digital untuk pertemuan pertama. Wali kelas dan para siswa kelas XII TKJ 2 menyambut kami dengan baik dan terbuka. Kegiatan dimulai dengan membawakan materi seputar media digital Canva dan berfokus menampilkan pendesaian power point (PPT), yang kemudian dilanjutkan dengan para siswa mulai mempraktekan dengan mendesain sendiri PPT sekreatif dan semenarik mungkin. Ketika mengawasi, para siswa terlihat fokus dan antusias dalam berupaya mendesain masing-masing PPT mereka. 

dokumen pribadi - Pematerian mengenai pendesaian poster dengan Canva/Dokumentasi pribadi
dokumen pribadi - Pematerian mengenai pendesaian poster dengan Canva/Dokumentasi pribadi

Hasil dari pelatihan pertemuan pertama, peserta merasa puas dengan pelatihan yang diberikan berdasarkan feedback kepuasan peserta melalui google form. Diantara opsi pelatihan selanjutnya yang kami berikan, peserta memilih kembali untuk pelatihan canva dengan desain yang berbeda daripada pelatihan Google spreadsheet dan Microsoft office dasar. 

Sesuai dengan pilihan peserta, pada Kamis (04/08/2022) kami memberikan materi berupa pendesaian Canva terhadap poster untuk pelatihan pertemuan kedua. Pada sesi praktek, peserta sangat antusias dan semangat untuk saling bersaing mendesain poster dengan menarik dan kreatif. Pelatihan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada 1 orang siswa yang tercepat mendesain poster dan 3 orang siswa terkreatif dalam membuat poster serta penyampaian kesan dan pesan mereka kepada kegiatan pelatihan oleh Mahasiswa KKN UPI 108.

dokumen pribadi - sesi foto bersama kepala sekolah SMKN 3 Kota Bekasi/Dokumentasi pribadi
dokumen pribadi - sesi foto bersama kepala sekolah SMKN 3 Kota Bekasi/Dokumentasi pribadi

Kegiatan pelatihan ditutup dengan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada kepala sekolah dan pihak-pihak SMKN 3 kota Bekasi yang telah memberi kesempatan kepada mahasiswa KKN UPI 108 untuk melaksanakan kegiatan pelatihan media pembelajaran digital. Kami berharap melalui pelatihan ini, para peserta didik mampu mengembangkan keterampilan dalam mengoptimalkan media digital pembelajaran dan mampu meningkatkan kreativitas pada pola pikir dalam kegiatan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun