Dakwah merupakan kegiatan menyampaikan ajaran ilmu agama Islam kepada masyarakat umum. Dakwah juga bisa berarti ajakan masuk Islam. Artinya, jalan Allah, jalan yang diridhai Allah SWT, dan bukan jalan lain yang sesat dan menyimpang dari jalan Islam.
Di era digital ini, masyarakat yang ingin  memanfaatkan teknologi dan media digital untuk menyebarkan Islam menggunakan berbagai cara.
Strategi dakwah di era digital merupakan upaya  menyebarkan pesan-pesan keagamaan melalui media digital. Strategi Dakwah di era digital adalah:
1. Membangun Personal Brand Sebagai Da`i
Di Era Digital Mengembangkan Strategi Membangun Personal Brand sebagai Da`i guna mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan visibilitas, serta menarik orang untuk mendengarkan khotbah yang kita jelaskan mudah diakui oleh  masyarakat sebaik mungkin.
2. Dakwah Menggunakan Media Sosial untuk Menjangkau  Milenial
Strategi Dakwah menggunakan media sosial melibatkan pemahaman karakteristik audiens target Anda, memilih platform media sosial yang tepat, dan menciptakan serta memelihara dialog dengan pendengar Anda. Penting untuk memilih konten yang menarik. Berpartisipasi, promosikan dakwah melalui influencer Muslim dan ukur kinerja kampanye dakwah.
3. Meningkatkan kualitas konten dakwah di era digital
Menciptakan konten dakwah yang bermanfaat bagi generasi muda dan menunjukkan nilai-nilai keislaman. Generasi muda tidak hanya menjadi penggemar, tetapi juga penyebar konten dakwah bermanfaat lainnya.
4. Meningkatkan kemampuan berbicara di depan kamera untuk berdakwah di media digital                   Meningkatkan keterampilan berbicara di depan kamera, termasuk menulis naskah, memilih bahasa tubuh yang sesuai, dan mengelola kepercayaan diri di depan kamera juga penting untuk kemajuan dakwah dalam dunia ditgital.
5. Mengukur efektivitas dakwah di era digital
Mengukur efektivitas dakwah di era digital adalah dengan mengkaji sejauh mana pesan dakwah terkirim dan diterima oleh masyarakat melalui digital media. Metode yang mungkin dilakukan antara lain memantau interaksi media sosial, mengukur keterlibatan pendengar, menganalisis data trafik web atau blog, mempertimbangkan tanggapan dan kesan pendengar, serta melakukan survei dan jejak pendapat online.
Keunggulan Dakwah di Era Digital
Dakwah di media sosial memang menarik sekaligus menantang. Dari sana, kita dapat membentuk konteks dan isi khotbah kita sesuai dengan landasan norma-norma teologis, dan mempertimbangkan bagaimana masyarakat ini akan berubah, sambil tetap berpedoman pada konsep Islam tentang Rahmatan lil alamin. Keuntungannya adalah:
1.) Meningkatkan akses terhadap informasi.
2.) Kemudahan transaksi dan pembayaran.
3.) Lebih efisiensi.
4.) Dukungan untuk institusi medis dan sosial.
5.) Meningkatkan inovasi dan kreativitas.
Penulis :Â
Akhmad Maliki
Lana Sari Yunus