Mohon tunggu...
Vina Alia Zainuba
Vina Alia Zainuba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif

Mahasiswa UIN KHAS JEMBER Saya Suka menulis cerita menarik di novel atau artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Peningkatan Konsumsi Online: Bagaimana E-Commerce Mengubah Cara Orang Berbelanja di Indonesia?

15 Oktober 2023   08:50 Diperbarui: 15 Oktober 2023   09:02 492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
belanja online. Sumber ilustrasi: pinterest/pngtree

Peningkatan konsumsi belanja online melalui e-commerce telah menjadi tren yang kuat di Indonesia, dan membawa manfaat bagi konsumen dan produsen, tetapi juga menantang perkembangan infratruktur dan regulasi yang memadai untuk mendukung pertumbuhan industri di negara ini.

Dengan cepatnya perkembangan zaman dan teknologi, E-commerce juga telah menjadi kekuatan revolusioner yang merubah secara mendasar cara berbelanja orang Indonesia. Transformasi ini tidak hanya menciptakan kenyamanan, tetapi juga memperluas pilihan, menghadirkan penghematan, dan membantu perkembangan usaha kecil dan menengah.

Selanjutnya akses mudah ke internet, belanja online telah menghilangkan batasan luas wilayah dari berbagai pulau di indonesia bahkan dunia. Orang Indonesia kini dapat berbelanja kapan saja dan di mana saja, tanpa harus pergi ke toko offline. Inovasi teknologi dan platform e-commerce memungkinkan pengguna untuk belanja berbagai produk dan merek dari seluruh dunia, yang mungkin tidak tersedia di lingkungan toko didaerahnya. 

Keberagaman produk dan merek juga  salah satu daya tarik utama e-commerce. Dari pakaian hingga peralatan elektronik, Anda dapat menemukan hampir segalanya dalam platform online. Hal ini memberikan konsumen kesempatan untuk mengeksplorasi pilihan yang lebih besar dan menyesuaikan preferensi mereka dengan lebih baik.

Selain itu Pembayaran digital telah mengubah cara kita membayar. Dulu, kita harus membawa uang tunai atau kartu kredit fisik. Sekarang, transaksi dapat diselesaikan dengan cepat dan aman melalui metode pembayaran digital seperti dompet digital atau kartu kredit yang terhubung dengan hp kita.

Keuntungan lainnya adalah diskon, promosi, dan penawaran khusus yang sering ditemukan di platform e-commerce. Pelanggan dapat memanfaatkan harga yang kompetitif, seperti penawaran flash, promo harian dan potongan harga yang menarik. Memberikan konsumen penghematan yang signifikan dalam berbelanja

Pengiriman yang efisien adalah pilihan lain dari konsumen yang membuat e-commerce semakin menarik. Layanan pengiriman yang kuat dan handal memastikan barang sampai ke tangan pelanggan dengan cepat, seringkali dalam waktu 1-3 hari. Dan Ini sangat berguna selama situasi pandemi dulu, di mana belanja online adalah pilihan aman. 

Ulasan produk dan rekomendasi dari konsumen lain meberikan pengaruh besar untuk kita membuat keputusan yang bijak. Dengan membaca pengalaman konsumen lain, kita dapat mendapatkan informasi tambahan sebelum memutuskan untuk belanja di e-commerce tersebut.

Kemudahan Retur dan Garansi Banyak di platform e-commerce menawarkan layanan retur dan garansi produk, yang memberikan rasa aman kepada konsumen .

Terakhir, E-commerce juga telah memberikan peluang kepada usaha kecil dan menengah (UKM) untuk bersaing secara online dan mencapai pasar yang lebih luas. Banyak UKM di Indonesia telah memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produk mereka, yang telah mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun