Mohon tunggu...
Villia 026
Villia 026 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Bahasa Anak dan Metode Pembelajaran untuk Anak Usia Sekolah Dasar (SD)

22 Juli 2024   14:10 Diperbarui: 22 Juli 2024   14:14 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dimasyarakat.

Perkembangan anak merupakan perkembangan yang terjadi pada berbagai aspek yang ada pada diri seorang anak. Aspek-aspek yang meliputi perkembangan anak yaitu aspek kognitif, motorik, fisik, bahasa, dan psikoseksual. Ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak seperti garis keturunan, lingkungan, stimulasi, pendidikan, dan sosial ekonomi.

Bahasa merupakan sarana atau alat komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk mmenyampaikan pesan dalam bentuk simbol-simbol yang telah disetujui bersama, kemudian merangkainya sesuai dengan urutan sehingga menjadi kalimat yang bermakna dan sesuai dengan tata bahasa yang digunakan dalam masyarakat. Bahasa merupakan aspek penting bagi kehidupan anak terutama pada era komunikasi global yang tentunya menggunakan bahasa sebagai media komunikasi. Jika perkembangan bahasa anak mengalami gangguan maka akan berdampak pada aktivitas ketika anak menerima dan memahami sebuah informasi. Perkembangan bahasa pada usia sekolah dasar sudah berkembang mendekati sempurna, penambahan kosakata pada anak, dan anak mulai mengerti bahwa kata-kata memiliki lebih dari satu arti dan akan menjadi sebuah susunan kalimat yang indah.

Dalam usia anak sekolah dasar, anak sudah mampu mengelola kata menjadi kalimat, walaupun masih berupa intruksi. Anak juga telah menggunakan kata sambung sesuai dengan penggunaan bahasa dan maksud kalimat, serta mulai bekembangnya kemampuan memahami bahasa lambang seperti majas (metafora, hiperbola, dll), pribahasa, pantun, dan puisi. Perkembangan bahasa pada anak sudah berlangsung sejak lahir sampai masa sekolah.

Perkembangan bahasa anak pada usia sekolah dasar ini sangat berkembang secara pesat karena otak anak sudah mulai bekerja dengan maksimal, sehingga anak akan lebih mudah memperoleh bahasa. Standar bahasa yang diperoleh anak usia 6-12 tahun mencapai 3.500 kata. Dalam hal ini peran guru dan orang tua juga sangat diperlukan karena anak harus didukung dan juga dibimbing agar bahasa yang diserap oleh anak sesuai dengan usianya. Karena perkembangan bahasa pada anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya atau lingkungan terdekatnya. Interaksi yang terjadi antara anak dengan orang dewasa, dan teman sebaya juga sangat berpengaruh. Dengan menghargai dna memahami perkembangan bahasa anak, guru atau orang tua dapat bekerja sama untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak, agar kemampuan anak dalam mengembangkan bahasa mereka dapat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan ke depannya.

Sebagai seorang tenaga pendidik, guru harus bisa memberikan yang terbaik untuk peserta didik agar peserta didik bisa menjadi anak bangsa yang bermanfaat untuk kehidupan. Ada beberapa metode pembelajaran untuk membantu mengembangkan bahasa pada anak, seperti;

  • Guru bisa membuat atau menyusun pembelajaran secara bertahap, seperti mengajarkan kosakata baru, tata bahasa yang baik dan benar, lalu mengajari membaca dan menulis.
  • Guru juga bisa melibatkan anak untuk berinteraksi agar anak terbiasa aktif di kelas, bisa dengan tanya jawab, berdiskusi, atau mengajarkan anak berbicara di depan kelas.
  • Memperkenalkan literasi pada anak sejak dini, agar anak memiliki pondasi yang kuat untuk mengembangkan bahasa. Seperti memberi anak buku bacaan secara bertahap.
  • Baik guru dan orang tua harus bisa bekerja sama untuk menciptakan suasana yang menyenangkan untuk anak, agar anak merasa nyaman dan fokus dengan apa yang dipelajarinya.

Manfaat pembelajaran bahasa untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak memiliki manfaat dalam jangka waktu panjang, karena dengan kemampuan berbahasa anak yang baik akan membantu anak dalam meraih prestasi akademik, dapat memperluas wawasan pengetahuan anak, dan meningkatkan komunikasi yang baik dan benar. Tidak hanya peran guru, namun peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak juga sangat diperlukan. Dengan adanya pembelajaran bahasa dapat membantu anak dalam memperoleh bahasa yang baik dan benar.

(Vili Agri [2300003011], Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan)

(Dosen pengampu: Dr. Riana Mashar S.Psi., M.Si., Psiko.)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun