Assalamualaikum, Villa Fitria, CGP Angkatan 10 dari SMAN 4 Muara Teweh. Kali ini saya kana berbagi tulisan terkait tugas pada Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Calon Guru Penggerak nantinya bisa mengembangkan ide dalam ruang kolaborasi menjadi prakarsa perubahan lewat perencanaan program/kegiatan. Yakni dengan menggunakan model manajemen perubahan BAGJA.
Dasar Filosofi Ki Hajar Dewantara:
Dasar filosofi KHD merupakan landasan pendidikan yang bertujuan menuntun siswa menjadi insan berdaya guna di masyarakat. Filosofi KHD mengartikan pendidikan sebagai tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat, menyadarkan kami para pendidik bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka salah satu kunci untuk mewujudkannya yaitu melalui pendidikan. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih, wadah bertumbuh kembangnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.
Poin atau Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:
1. Mandiri
Program Komunitas Kewirausahaan SMAN 4 Muara Teweh (Kerajinan Tangan). Program ini sebagai ajang mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa. Siswa bisa mengajak orang lain untuk giat berwirausaha. Melalui program ini, siswa belajar mandiri mulai dari pembuatan bahkan pemasaran.
2. Gotong Royong
Program Komunitas Kewirausahaan SMAN 4 Muara Teweh menjadi sarana mengembangkan kemampuan bersosial dan berkolaborasi secara gotong royong. Seorang kewirausahaan akan bekerjasama dengan anggota komunitasnya untuk membuat karya.