VESPA! Adakah dari kalian yang belum mengetahui motor antik satu ini? Pasti sudah mengetahuinya semua bukan? Tetapi, pasti banyak yang belum tahu mengenai sejarah dari tahun ke tahun mengenai kendaraan ini dan siapa sih pencipta Vespa legendaris yang mendunia sebenarnya?Â
Yup! dari banyak orang, mungkin hanya anak kecil di bawah umur 12 tahun saja yang belum mengenal Vespa asal Italia satu ini kan? Benar saja! Karena, Vespa tergolong skuter yang sudah memiliki umur yang sangat tua. Vespa memang paling legendaris dalam bidang otomotif per-motoran dalam sejarah roda 2 Indonesia, bahkan di dunia sekalipun. Keberadaannya yang tidak pernah habis oleh waktu, dan yang dimulai sejak adanya Vespa 2 hingga Vespa modern saat ini.
Konon katanya nih, sejarah motor antik satu ini memang ada kaitannya dengan masyarakat Italia, loh! Apakah kalian sudah tahu mengenai hal bersejarah satu ini? Jika penasaran, yuk kita bahas bersama. Skuter atau yang lebih dikenal dengan Vespa ini memang memiliki penjualan yang paling besar di sejarah dunia. Tidak heran, nilai beli kendaraan satu ini terbilang lebih unggul dibanding yang lainnya.
Pemilik motor Vespa antik ini siapa sih? Kalian jika memang pecinta motor Vespa ya harus mengetahuinya ya guys! Yuk, kita membahas terlebih dahulu untuk penciptanya. Pemilik pertama kali Vespa di dunia berasal dari negara Italia, orang itu bernama Rinaldo, lebih lengkapnya lagi yaitu Rinaldo Piaggio.Â
Untuk sejarah Vespa unik ini bisa dikatakan dan dimulai lebih dari satu abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1884. Wow! Sudah lama sekali ya guys!Â
Perusahaan milik Piaggio sendiri didirikan di Genoa, Italia pada tahun yang sama saat ia menciptakan Skuter satu ini, yaitu di tahun 1884 dibawah pimpinan sang legenda, Rinaldo Piaggio. Rinaldo awal mulanya membuka bisnis yang ia mulai dengan berbagai macam peralatan kapal terlebih dahulu.Â
Dari menciptakan rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin dan kreta api itu sendiri. saat terjadi Perang Dunia I, perusahaan milik Rinaldo ini mampu memproduksi sebuah pesawat terbang dan kapal laut. Untuk tahun 1917, lalu Rinaldo membeli pabrik baru di Pisa dan tahun ke 4 kemudian, ia mengambil alih sebuah pabrik kecil yang berada di Pontedera daerah Tuscany Italia.
Garpu bagian depan yang seperti sebuah ban dan dengan mudahnya kapal terbang ini mendarat untuk proses penggantian ban. Mulai dari situ, mendapat hasil  sebuah design yang terinspirasi dan yang sampai saat ini masih berbeda dengan kendaraan lainnya. Maka dari itu pada tahun 1945, bahan- bahan alternatif tersebut ditemukan olehnya.Â
Awalnya dibuat memang dengan konsep sebuah kendaraan bermotor yang berkerangka besi dengan dilengkapi lekukan membulat seperti terowong. Part ini sangat mengejutkan guys! Mau tahu apa? Pasalnya, Rinaldo membuat bagian staternya dengan rancangan menggunakan komponen bom dan rodanya sendiri diambil dari roda pesawat yang digunakan saat tempur. Memakan waktu yang cukup lama, dan muncullah untuk pertama kalinya sebuah motor dengan design seri MP5 ini.Â
Kendaraan antik ini mempunyai teknologi yang sederhana tetapi, mempunyai bentuk yang amat menarik dan stay cool, bagai binatang yang bersinar, karena bentuk kerangkanya yang sedemikian rupa.Â
Akan tetapi, karena bentuk penutup di bagian pengamannya bagaikan papan selancar itu, ada beberapa pegawai di dalam pabrik Piaggio pun mengatakan bahwa motor ini bisa dinamakan dengan motor Paperino. Kalian wajib tahu hal ini! Dikatakan Paperino, karena kerangka Vespa ini hampir sama dengan tokoh Donald Duck atau lebih dikenal dengan sebutan tokoh bebek. Maka, dari situlah, motor antik dirancang kembali dengan yang lebih baik.Â
Akhirnya, selama tahun 1960-an sampai 1970-an Vespa antik ini menjadi simbol dari revolusi pikiran pada masa itu. Lalu, perkembangan selanjutnya berada saat pabrik ini produksinya selalu laris dan diserap oleh pasar di berbagai penjuru dunia, contohnya di negara Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India. Sungguh mengesankan bukan?
Di negara India, mereka juga memproduksi kendaraan yang hampir sama, tetapi yang mereka gunakan yaitu mengambil dengan mesin bajaj. Jenis dari kendaraan ini adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.Â
Di sisi lain banyak negara lain yang mencoba membuat produk yang serupa dengan buatan Italia, tetapi hasilnya pasti tidak sesuai dengan ekspetasi. Memang, tidak ada ada yang belum bisa menandingin Vespa buatan Rinaldi Piaggio ini. Kita mempunyai nama nama pesaing dari Rinaldi, diantaranya nama mereka yaitu Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU.Â
Tetapi, kapasitas Vespa ini masih menjadi pelopor motor skuter yang masih santer dan yang berada di kalangan pencinta motor klasik. Menjadi salah satu komunitas Vespa terbesar di dunia? Yup! Ini dia negara kita Indonesia, yang menjadi satu- satunya negara yang memiliki komunitas motor antik satu ini. Tetapi, komunitas dari Italia memang belum bisa terkalahkan, karena ya asal Vespa saja dari sana, pasti kebanyakan memakai kendaraan yang satu ini.
Melihat sejarahnya ketika Vespa masuk ke Indonesia, memang sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1960. Saat itu PT Danmotors Vespa Indonesia saja yang menjadi salah satu importir motor Vespa.Â
Untuk kedatangan motor Vespa ini ke Indonesia ternyata mampu memperoleh ruang yang cukup besar di pasar industri otomotif Indonesia. Manager dari PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega pernah mengatakan bahwa untuk saat ini cukup mengejutkan tentang berapa jumlah penggemar Vespa di Indonesia. Yang ternyata memang sangat besar guys!.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H