Mohon tunggu...
Vixable
Vixable Mohon Tunggu... -

Vii is an IT/Digital Business Enhancement Consultant who brings simple approach to your advanced IT solutions. http://vii.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Mengapa Toko Selalu Menawarkan Member Card?

7 Desember 2015   13:44 Diperbarui: 4 April 2017   18:09 1432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini, tidak masalah Anda berbelanja di toko baju, obat, kafe dsb, kasir kerap kali meminta kartu member Anda atau menawarkan untuk membuat kartu member untuk Anda. Ditambah dengan tawaran lain, seperti produk promo pada hari itu, terkadang kalau terlalu sering hal ini memang agak terkesan menyebalkan. Sebenarnya, mengapa sih mereka selalu menawarkan pembuatan kartu member? Apa saja tujuan dari pembuatan kartu member itu?

Ketika Anda membuat dan mengisi kartu member sebagai pelanggan toko, pada dasarnya Anda sedang memberikan informasi kepada perusahaan tersebut; atau bisa disebut dengan Customer Data. Customer data berisi rekor Anda sebagai pelanggan yang disimpan oleh perusahaan untuk membantu survei atau analisis perilaku konsumen. Mengetahui perilaku konsumen adalah salah satu kunci dalam menentukan rencana bisnis perusahaan yang dapat dilakukan lewat proses customer analytics.

Analsis terhadap perilaku konsumen dapat dilakukan dengan pemantauan terhadap rekor pembelian, penggunaan credit card, dan membership para customer. Dalam hal ini, untuk menarik informasi yang berguna, perusahaan akan menggunakan sistem yang bagus untuk menangani data dari member dan informasi kegiatan member di setiap outletnya. Survei akan dilakukan perusahaan untuk menarik informasi tentang produk apa saja yang paling diminati, konsumen mana yang paling menguntungkan, lokasi mana saja yang paling profitable, dan sebagainya. Berdasarkan informasi yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya, perusahaan akan membuat perencanaan dan keputusan bisnis.

Pada intinya, penawaran pembuatan kartu member merupakan usaha perusahaan untuk melakukan business planning dan menyediakan pelayanan konsumen yang lebih tepat. Masalah bersedia atau tidaknya Anda melakukan pengisian kartu tersebut memang kembali kepada preferensi dan gaya hidup Anda. Sering ada penawaran menarik yang dapat Anda dapatkan dari membership. Namun, ada baiknya juga Anda lebih cermat dalam memilih membership. Jika membership tersebut Anda rasa sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, meluangkan waktu 5-10 menit untuk mengisi form memang tidak ada salahnya. Sebaliknya, jika membership tersebut tidak terlalu urgent, maklumi saja perilaku kasir yang tiada hentinya menawarkan member card. (VN)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun