Jakarta, 13 Juli 2023 -- Jika berbicara mengenai kuliner khas nusantara memang tidak ada habisnya, terlebih di masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri, bahkan ada beberapa penggiat usaha makanan yang terbilang enak atau legendaris akan tetapi tidak terjamah oleh kasat mata dikarenakan lokasi atau tempat yang sulit terjangkau.Â
Untungnya saat ini kita hidup di era digital dan media sosial yang sangat cepat berkembang dengan penyampaian informasi yang begitu cepat dan menarik. Fenomena Content Creator, Food Blogger, atau terkadang disebut sebagai Influencer mulai banyak bermunculan, dengan berbagai macam gaya penyampaian sampai dengan rekomendasi tempat-tempat makan yang kekinian.
Salah satu Content Creator dengan gaya video yang terbilang cukup berbeda dari yang lainnya, dengan nama akun enak.beud mempunyai nama asli Billie Soetaman, ternyata mempunyai kisah menarik sebelum memulai karirnya sebagai content creator.
Billie Soetaman lahir pada 6 Agustus 1984 di Jakarta. Ia tumbuh di Keluarga yang memang mempunyai kegemaran terhadap kuliner. Di tambah pada saat menempuh pendidikan di Sydney, Australia, ia pun bekerja paruh waktu di salah satu Restoran Asia sebagai tukang masak.Dari situlah awal mula ketertarikan Billie pada dunia kuliner dimulai.
Billie kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi nya dan mencoba membuka usaha mie ayam sebagai usaha mikro, namun pada masa itu, media sosial belum sepopuler sekarang. Promosi menjadi sebuah perjuangan besar. Berangkat dari situ, Billie terus belajar tentang bagaimana cara mempromosikan dagangannya dengan media yang terus berkembang pesat. Hal inilah yang membawa Billie mengambil peran sebagai penggiat media sosial dan menjadikan dirinya seorang Content Creator sekaligus Influencer yang berfokus mempromosikan usaha-usaha mikro dan membantu mereka meraih lebih banyak pelanggan.
Billie atau lebih dikenal dengan nama akun instagram @enak.beud berhasil menarik perhatian banyak orang dengan konten-konten kuliner yang menggugah selera. Terutama selepas masa pandemi, banyak sekali usaha mikro yang terkena dampak bahkan tidak sedikit yang masih berjuang untuk pulih.
Kedepannya, visi dan misi Billie Soetaman adalah menjadi sosok yang semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ia ingin terus berkontribusi dalam membantu usaha-usaha mikro dan semakin banyak pengusaha lokal yang terbantu melalui promosi yang dilakukannya sebagai influencer. Kesuksesan Billie bukan hanya miliknya sendiri, melainkan juga menjadi keberhasilan bagi banyak orang di sekitarnya.
Dalam dunia kuliner yang terus berkembang, Billie Soetaman alias enak.beud menunjukkan bahwa perjalanan menjadi seperti sekarang ini tidaklah mudah. Diperlukan konsistensi, komitmen, keinginan untuk belajar sesuatu yang baru dan tetap pintar melihat peluang yang ada di dunia teknologi yang berkembang dengan pesat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H