Mohon tunggu...
Vidya DitaPutri
Vidya DitaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tertarik dengan dunia kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN 112 UNEJ 2024 Terapkan Pemasaran Digital Bagi UMKM di Desa Cangkring

10 Agustus 2024   20:14 Diperbarui: 14 Agustus 2024   16:19 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Sosial Media UMKM di Desa Cangkring/dok. pri

[BONDOWOSO]  UMKM Desa Cangkring merupakan salah satu sasaran program kerja yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 112 Universitas Jember. Program kerja tersebut merupakan upaya penerapan dan pengembangan pemasaran digital. Upaya penerapan dan pengembangan pemasaran digital bagi UMKM Mebel digagas oleh mahasiswa KKN Kelompok 112 sebagai tindakan dalam memperluas pangsa pasar dan pengenalan produk melalui media yang informatif.  Melalui pelaksanaan program kerjanya, mahasiswa KKN melakukan observasi produk dan pembuatan label produk.

Tahapan selanjutnya dilakukan dengan foto produk dan pembuatan sosial media. Program kerja tersebut berhasil diselesaikan pada (6/8) bertempat di rumah usaha UMKM Amel Meuble Desa Cangkring. UMKM Mebel tersebut merupakan usaha yang digagas oleh Pak Lisyanto. Beberapa hasil dari program kerja tersebut meliputi katalog, sosial media mebel, dan design digital kebutuhan mebel.

Selain UMKM yang bergerak dibidang mebel, mahasiswa KKN Kelompok 112 juga menaungi UMKM yang bergerak dibidang olahan makanan. UMKM tersebut merupakan UMKM kerupuk rambak yang dimiliki oleh Mas Nugrah.Penerapan dan pengembangan pemasaran digital yang dilakukan berupa pembuatan nama produk, label produk, foto produk, dan pembuatan sosial media produk. Melalui upaya tersebut, diharapkan penjualan dan penyebaran informasi mengenai usaha kerupuk rambak dapat berkembang.

Melalui program kerja yang telah dilaksanakan tersebut UMKM yang telah memiliki label produk dan sosial media memiliki kesempatan lebih luas untuk memperluas pangsa pasar. Adanya perluasan tersebut sebagai upaya utama untuk menambah jumlah produksi dan pendapatan masyarakat. Penerapan dan pengembangan pemasaran digital tersebut dilakukan dengan melibatkan secara langsung pemilik usaha untuk mempraktikkan pengelolaan sosial media. Pelatihan tersebut dilakukan guna mengenalkan sebagai upaya untuk memberikan keberlanjutan pengelolaan media sosial yang berdampak pada berkembangnya pemasaran bagi produk UMKM yang ada.

(KKN UMD Kelompok 112 Universitas Jember 2024)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun