Psikologi Pembelajaran: Bagaimana Otak Siswa Menerima dan Memproses Informasi Psikologi Pembelajaran adalah bidang studi yang mempelajari bagaimana manusia belajar.
 Bagi pendidik, penting untuk memahami proses kognitif yang terjadi di otak siswa selama pembelajaran agar dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.
 Artikel ini menjelaskan beberapa prinsip dasar psikologi pembelajaran, khususnya bagaimana otak siswa menerima dan memproses informasi.
 Proses Penerimaan Informasi: - Catatan: Otak siswa hanya dapat memproses informasi dalam jumlah terbatas dalam satu waktu.
 Perhatian adalah proses selektif yang memungkinkan otak untuk fokus pada informasi yang dianggap penting.
 Faktor yang mempengaruhi perhatian antara lain minat, motivasi, dan kebaruan.
 -- Persepsi Sensorik: Informasi yang diterima melalui panca indera (penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan rasa) diproses di berbagai area otak.
 Informasi visual diproses di korteks visual, dan informasi pendengaran diproses di korteks pendengaran.
 -- Kode: Informasi yang diterima diubah menjadi kode yang dapat dipahami otak.
 Kode ini dapat berupa bahasa, gambar, atau simbol.
 Proses ini membantu otak menyimpan dan mengingat informasi.