Squid Game Effect
Judul ini berfokus membahas efek fenomena global dari serial paling laris dari Netflix yang berpengaruh di banyak bidang dan diulas media manca negara. Setelah keberhasilan film Parasite meraih Piala Oscar sebagai film terbaik dan sutradaranya, Bong Joon-ho sebagai sutradara terbaik pada tahun 2020, industri sinema Korea Selatan kembali menorehkan kesuksesan yang melebihi pendahulunya.
Sejak ditayangkan pada tanggal 17 September 2021, Squid Game menjadi salah satu drama Korea Selatan yang sukses secara global dan memiliki fans di seluruh dunia. Acara itu menjadi hit di 94 negara yang ada saluran Netflix. Serial ini telah ditonton sekitar 330 juta orang menurut perhitungan resmi. Jumlah yang tepat pasti melebihi angka tersebut karena satu akun Netflix bisa ditonton lebih dari satu orang dan negara yang tidak memiliki saluran streaming tersebut menonton drama thriller itu dengan cara ilegal.
Berkisah tentang permainan maut dengan hadiah uang sebesar 45,6 milyar Won yang diikuti oleh 456 peserta namun dengan risiko kematian dan hanya satu pemenang yang mendapat hadiahnya, acara ini dengan cepat meraih perhatian penonton dan media. Para pelaku bisnis turut ambil bagian dengan membuat produk yang terkait acara tersebut seperti manisan Dalgona, kostum pemain dan prajurit, boneka anak perempuan dan merchandise lainnya.
Kesuksesan global itu turut memberi keuntungan besar bagi Netflix yang mendapat jutaan pelanggan baru. Demam Squid Game di berbagai negara dimanfaatkan Netflix untuk membuka toko pop-up di beberapa negara dengan tema permainan, souvenir, pakaian dari acara tersebut. Young Hee, boneka raksasa di serial tersebut, menjadi salah satu penanda dan ciri khas yang mudah dilihat dan dikenal orang, yang dipakai Netflix sebagai acara permainan di luar ruangan.
Sejumlah YouTuber ikut memanfaatkan drama tersebut dengan membuat permainan Squid Game versi mereka sendiri dengan hadiah uang yang besarnya berbeda-beda. Mr. Beast yang dikenal sebagai YouTuber yang memiliki lebih dari 300 juta subscriber turut membuat permainan Squid Game versinya dengan hadiah US$ 456.000 dan ditonton lebih dari 600 juta orang.
Netflix sendiri meluncurkan permainan ini dalam bentuk reality show pada tahun 2023 dengan judul Squid Game: The Challenge dan aplikasi video game berjudul Squid Game: Unleashed yang bisa dimainkan di ponsel pada bulan Desember 2024 namun tidak semua merek ponsel atau sistem aplikasi bisa menginstal atau memainkannya.