Mohon tunggu...
Verra Ronita
Verra Ronita Mohon Tunggu... -

Mahasiswi AKPER RUMKIT BHAYANGKARA TK 1 R.S SUKANTO JAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KUNJUNGAN TOKO BUKU KHARISMA

12 April 2011   13:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   06:52 940
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tepatnya tanggal 19 Maret 2011, sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh dosen kami Bpk Thamrin Dahlan untuk kunjungan ke suatu tempat sebagai bentuk observasi kegiatan dalam pelayanan prima. Kelompok kami memilih toko buku KHARISMA sebagai objek untuk bahan pembuatan reportase kami.

Pengenalan tempat kunjungan

 

Toko buku KHARISMA ini terletak di sebuah Mall yang berada di Cijantung, tepatnya di alamat Jl. Pendidikan I, Cijantung Jakarta Timur dan terletak dilantai 2 mall tersebut. Dilihat dari luar, toko buku ini sangat luas dan ramai pengunjung terutama oleh mahasiswa/i dan pelajar. Ketika kami memasuki toko buku tersebut, senyum, sapa, dan salam dari seorang pramuniaga sudah menyambut kami. Yang terlintas di pikiran kami, kami yakin tujuan kunjungan kami akan disambut baik oleh mereka. Setelah mereka menanyakan keperluan kami, kami pun menjelaskan tujuan kami datang ke toko buku KHARISMA untuk mendokumentasikan bentuk pelayanan yang ada di toko buku KHARISMA. Tidak panjang lebar kami bicara, kami segera diizinkan untuk mendokumentasikan toko buku tersebut.

[caption id="attachment_101762" align="alignleft" width="208" caption="pelayanan dikasir"]

1302612244317834225
1302612244317834225
[/caption]  

Diawal kami masuk ke toko buku tersebut tampak penataan buku rapi dan tempatnya pun bersih. Tata letak buku sudah ada pembagian kelompoknya sendiri, sehingga pengunjung mudah untuk menemukan buku yang mereka cari. Jika pun pengunjung malas untuk mencari, pramuniaga siap melayani anda untuk membantu mencari buku yang akan anda beli.

 

Disaat kami sedang mendokumentasikan pelayanan yang diberikan bagi pengunjung toko buku KHARISMA, pramuniaga dan pramuniagawati pun tidak membiarkan kami begitu saja. Banyak pertanyaan – pertanyaan yang muncul dan candaan dari salah satu pramuniaga maupun pramuniagawati untuk sekedar menghibur kami. Kami merasa dihargai dan pengunjung pun tampak merasa dipuaskan oleh pelayanan yang diberikan di toko buku KHARISMA tersebut.

 

Saat kami mendokumentasikan pelayanan di kasir, pramuniaga pun sangat cekatan dalam melayani pengunjung tentunya dengan senyuman lebarnya yang membuat pengunjung merasa nyaman. Pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk membayar buku yang ia beli selama kasir tidak mengantri. Jika antrian di kasir mulai penuh maka bukan hanya satu pramuniaga yang melayanai di kasir, tapi pramuniaga lainnya pun ikut membantu untuk kepuasaan pengunjung agar tidak lelah mengantri.

Bukan hanya diam di kasir, para pramuniaga sering kali berkeliling untuk membantu pengunjung jika membutuhkan sesuatu atau  memberikan jawaban atas pertanyaan yang tidak diketahui pengunjung.

 

[caption id="attachment_101759" align="alignright" width="192" caption="pelayanan dengan senyuman"]

13026115721598958778
13026115721598958778
[/caption]

Kesan dan pesan

 

Banyak hal yang telah kami dapat dari kunjungan ke toko buku KHARISMA ini. Selain kami bisa lebih mengetahui bentuk pelayanan yang diberikan kami pun disuguhkan dengan keramahan dan kesopanan dari para pramuniaga. Kami pun merasa puas begitu pun pengunjung. Wajar saja banyak yang datang kembali ke toko buku tersebut karena pelayanannya yang memuaskan.

 

Bukan hanya menjual buku atau alat – alat tulis saja, toko buku KHARISMA ini juga terkadang mengadakan kegiatan perlombaan mewarnai khusus bagi anak – anak. Jadi menurut kami toko buku KHARISMA ini sangat inovatif untuk menarik pengunjung – pengunjung yang memiliki potensi di bidang mewarnai terutama anak – anak.

 

Terima kasih kami ucapkan kepada toko buku KHARISMA yang telah mengizinkan kami untuk meliput dan mengambil gambar tentang pelayanan prima yang diterapkan di toko buku ini. Semoga toko buku KHARISMA menjadi toko buku yang bukan hanya menyediakan buku – buku dengan lengkap tapi juga pelayanannya yang menjadikan toko buku ini banyak diminati bagi para pengunjung yang datang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun