Sejak tahun 2018, film dengan genre romansa remaja seperti “Dilan” mampu menyedot penonton hingga 6,3 juta orang, bahkan film ini mampu bertahan dilayar lebar lebih dari satu bulan. Bagi industry film di Indonesia, meningkatnya jumlah penonton film lokal tentu menjadi kabar gembira bagi mereka. Hal ini dengan meningkatnya jumlah penonton mempengaruhi harapan para industri film lokal untuk lebih banyak dilirik oleh investor.
Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal, meningkatnya jumlah penonton di Indonesia juga dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah layar film di Indonesia. Pada tahun 2012 ada 608 layar film, hingga akhir 2017 jumlah layar film di Indonesia meningkat lebih dari 50% menjadi 1412 layar. Meningkatnya jumlah layar film juga menjadi salah satu meningkatnya jumlah penonton dan akan menjadi kesempatan untuk film lokal bertahan lebih lama di bioskop. Menurut Badan Ekonomi Kreatif, salah satu faktor penyebab sulitnya pangsa pasar film untuk meningkat dikarenakan minimnya jumlah layar.
Berkembangannya era digital memberi dampak pada dunia perfilm-an. Hadirnya Streaming Video on Demand atau SVoD di Indonesia menjadi salah satu “tren” bagi masyarakat Indonesia untuk bergeser dari televisi konvensional dan televisi kabel berbayar. Layanan ini merupakan sistem penyedia konten digital yang dipancarkan dengan jalur internet berbeda dengan frekuensi digital terrestrial seperti pada televisi-televisi analog pada umumnya. Penonton dapat dengan mudah untuk memilih sendiri tayangan sesuai dengan selera masing – masing. Hal ini menjadi salah satu yang dijadikan daya tarik untuk berpindah dari TV konvensional ke layanan digital.
Streaming Video on Demand telah disediakan oleh beberapa aplikasi streaming video, seperti Netflix, iFlix, Hulu, Amazon Prime Video, YouTube TV berbayar, HBO Go, Sling TV, dan aplikasi streaming video lainnya. Hingga akhir tahun 2020, Media Partners Asia melakukan riset hingga menhasilkan empat besar operator di Indonesia yaitu Disney + Hotstar, Video, Netflix dan juga Viu.
Peningkatan ini juga dipengaruhi kerena adanya masa pandemi. Berdasarkan data dari Statista.com, sebelum pandemi pada tahun 2018, tercatat ada 46,7 juta pengguna Video on Demand (VoD) di Indonesia. Perkiraan untuk tahun 2020 menunjukkan peningkatan signifikan menjadi 59,8 juta orang. Bahkan, proyeksi dari Statista mengindikasikan bahwa pada tahun 2024, jumlah pelanggan VoD melalui layanan berlangganan (SVoD) diperkirakan akan terus meningkat menjadi 77,1 juta orang.
Kenaikan popularitas layanan streaming film dan televisi telah mengubah pola konsumsi film. Menurut informasi yang dikumpulkan oleh lembaga riset Nielsen, pada bulan Juli 2022, jumlah penonton streaming di Amerika Serikat melampaui penonton televisi kabel dan televisi tradisional, menandai perubahan signifikan dalam preferensi tontonan. Di Indonesia, survei dari We Are Social mencatat bahwa sebanyak 31,3% dari pengguna internet berusia 16-64 tahun mengaku membayar untuk akses layanan streaming film dan televisi. Ini mencakup beragam konten seperti episode serial, koleksi film-film box office, dan lainnya.
Ketersediaan layanan video streaming memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk menikmati berbagai film dari berbagai genre dan negara. Mereka dapat menikmati konten tersebut tanpa gangguan iklan dan memiliki kebebasan untuk menentukan kapan mereka ingin menonton. Dampaknya terlihat pada perubahan perilaku konsumsi film, di mana masyarakat cenderung beralih ke layanan streaming sebagai sumber utama hiburan audiovisual.
Berdasarkan databoks, Indonesia menempati posisi pertama dalam waktu yang dihabiskan untuk menonton video streaming tertinggi di dunia pada kurun waktu 2019-2021. Berdasarkan laporan State of Mobile 2022 dari App Annie, tercatat bahwa terjadi peningkatan signifikan sebesar 140% dalam total waktu yang dihabiskan oleh masyarakat Indonesia untuk menonton video streaming pada tahun 2021 jika dibandingkan dengan tahun 2019. Peningkatan ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan tertinggi di dunia dalam hal waktu yang diinvestasikan untuk menikmati konten video streaming.
Aplikasi video streaming menggunakan strategi merilis konten eksklusif guna merebut pangsa pasar, dan Netflix, sebagai penyedia terbesar saat ini, berhasil meraih lebih dari 1 juta unduhan lokal di lebih dari 60 negara.
Pergeseran yang cukup signifikan dalam pola konsumsi masyarakat terhadap film yang diinduksi oleh perkembangan berbagai layanan digital atau streaming dalam teori konsumsi film perubahan ini dapat kita analisis dalam beberapa konsep yang lebih mendalam dan beragam.
Aksesibilitas dan Konsumsi Aktif