Verna Argiyanti
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
email: argiyantiverna@gmail.com
Abstrak
Artikel ini membahas pentingnya bimbingan dan konseling (BK) di sekolah serta penerapan metode terapeutik dalam layanan tersebut. Bimbingan dan konseling merupakan layanan yang mendukung pertumbuhan siswa secara keseluruhan., termasuk dalam aspek akademis, pribadi, sosial, dan karier. Pelayanan ini dilaksanakan baik secara kelompok maupun individu, dengan tujuan meningkatkan kemandirian, keterampilan komunikasi, manajemen emosi, serta kesejahteraan mental siswa. Metode terapeutik dalam BK, yang menggabungkan teknik terapi psikologis, membantu siswa mengatasi masalah emosional dan sosial, serta mencapai kesejahteraan optimal. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber terkait topik ini. Kerangka teoretik yang diulas mencakup definisi bimbingan dan konseling, serta komunikasi terapeutik, yang merupakan bentuk interaksi profesional dan terstruktur antara individu dan ahli untuk menyelesaikan masalah. Tujuan komunikasi terapeutik adalah meningkatkan diri, meningkatkan hubungan interpersonal, dan mencapai tujuan personal yang realistis. Artikel ini juga membahas ciri-ciri pribadi terapeutik, syarat-syarat komunikasi terapeutik, serta pembentukan komunikasi terapeutik melalui mendengarkan aktif dan empati.
Keywords: Bimbingan, Konseling, Metode
Â
Abstract
This article discusses the importance of guidance and counseling (BK) in schools and the application of therapeutic methods in these services. Guidance and counseling is a service that supports students' overall growth, including in academic, personal, social, and career aspects. This service is carried out both in groups and individually, with the aim of increasing students' independence, communication skills, emotional management, and mental well-being. Therapeutic methods in counseling, which incorporate psychological therapy techniques, help students overcome emotional and social problems and achieve optimal well-being. This research uses the literature analysis method to collect and analyze various sources related to this topic. The theoretical framework reviewed includes the definition of guidance and counseling, as well as therapeutic communication, which is a professional and structured form of interaction between an individual and an expert to resolve problems. The goals of therapeutic communication are self-improvement, improving interpersonal relationships, and achieving realistic personal goals. The article also discusses the characteristics of a therapeutic person, the requirements of therapeutic communication, and the establishment of therapeutic communication through active listening and empathy.
Keywords: Guidance, Counseling, Methods