Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak dimanapun berada, saya hadir kembali untuk menyajikan jurnal refleksi Dwi mingguan ke 10 Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang berdampak pada Murid. Seperti biasa, saya menggunakan metode 4f (facts, Feeling, Finding, Future). Refleksi ini bertujuan melihat kembali perspektif atau cara pandang kita tentang program yang berdampak positif pada murid.
1. Facts
Di dalam modul ini, saya mengeksplorasi bagaimana sesungguhnya kita sebagai guru  dapat mendorong student agency (yang dalam modul ini diterjemahkan sebagai kepemimpinan murid) dalam pengelolaan program-program di sekolah. Mendorong kepemimpinan murid dalam program sekolah bukan hanya memungkinkan murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan kontributif, namun, pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah tersebut sesungguhnya akan memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, sehingga, ketika kita berbicara tentang dampak, maka dampak positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid kita saat ini tentunya akan dapat terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.dan tentunya dimulai dari diri.
Capaian pembelajaran secar umum dalam mempelajari modul ini bagi kami yaitu ; CGP menyadari murid sebagai mitra bagi guru dalam pembelajaran, CGP mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri, CGP menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah.
Sementara Capaian Pembelajaran Khusus adalah ; Menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila, Menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid, Menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, Mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid, dan Merancang sebuah prakarsa perubahan di sekolah dalam bentuk sebuah program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dengan menggunakan model prakarsa perubahan yang di sebut dengan BAGJA.
2. Feeling
Saya sangat excited dan senang saat mendalami modul 3.3 ini  karena banyak ilmu yang saya dapatkan khususnya saat berbagi pengalaman , berbagi praktik baik di ruang kolaborasi dan yang menarik adalah  kami CGP bekerja dalam kelompok untuk membuat dan mempresentasikan sebuah contoh (gambaran umum) dari sebuah program atau kegiatan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan murid)
3. Finding
Pembelajaran yang saya dapatkan pada modul ini khususnya pada bagian Eksplorasi Konsep 1 yaitu mengkonstruksi pemahaman saya tentang kepemimpinan murid (students agency), Suara, Pilihan dan Kepemilikan murid dalam konsep kepemimpinan murid, Lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid, dan bagaimana melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Sementara itu pada pembelajaran di Eksplorasi Konsep 2 melalui diskusi asinkron saya mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suara, pilihan dan kepemilikan murid, dilanjutkan dengan menemukenali aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam sebuah contoh program atau kegiatan sekolah yang menjadi fokus diskusi kami.